PEMBUATAN E-CATALOG DALAM MENDUKUNG DIGITALISASI PRODUK PADA UMKM DI KELURAHAN MELAYU KOTA PIRING

Authors

  • Satriadi Satriadi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Rafida Rafida STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Ulfa Oktaviani Nasution STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Agus Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Arga Aprial Saputra STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • M. Khoiri Huda STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Salsa Vidiana Putri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Samuin Ode STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Sindy Fransisca STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Siti Nuraisyah Fitriani STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Tassya Adita Megarani STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Tania Annur STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Titik Handayani STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Agustina Agustina STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15794

Keywords:

Digital Marketing, E-Catalog, UMKM

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa, salah satu upaya dengan membantu pelaku UMKM untuk dapat berkembang maju dari permasalahan yang dihadapi. Permasalahan yang terjadi pada pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu Kota Piring terletak pada kurangnya pemanfaatan teknologi digital dalam mempromosikan produk yang dipasarkan. Tujuan dari program ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial dalam memasarkan produk dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan penggunaan teknologi digital bagi para pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu Kota Piring. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini berupa pendampingan dalam pembuatan e-catalog pada produk yang dipasarkan. Hasil yang diperoleh dari program KKN ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilan pada pelaku usaha pada UMKM di Kelurahan Melayu kota Piring dalam memanfaatkan teknologi digital sebagai media dalam memasarkan produk.

References

Arimbi, S. M., Nakiyah, N., & Farida, N. (2022). Pengembangan Strategi Pemasaran Umkm Daffa Snack Dan Catering Di Desa Sukodono. 16–17

Diani, F., & Lubis, F. A. (2022). Analisis Implementasi E-Katalog Terhadap Perkembangan UMKM di Kota Medan dalam Mendukung Kemajuan Ekonomi Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1970–1981.

Hadi, A. S., & Ardhi Khairi. (2020). Pemilihan Strategi Pemasaran Di Era Digital Pada Kelompok Ibu Pkk Desa Gadingharjo. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 127–132. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i1.3246

Helvine Gultom, Paulus Kindangen, G. M. V. K. (2020). Pengaruh Implementasi E-Purchasing, Akses Pasar, dan Persaingan Bisnis Terhadap Prinsip Akuntabel Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 20(04), hal 101.

Laily, N., & Efendi, D. (2020). Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi Wanita Wirausaha Batik Jonegoro Di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 3(1), 43. https://doi.org/10.20473/jlm.v3i1.2019.43-46

Ratna Gumilang, R. (2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri.

Coopetition?: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/coopetition.v10i1.25 Sariningsih, A., Barat, J., & Media, S. (2021). Pelatihan Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah

UMKM ) Berbasis Digital di Kecamatan Citeureup Pendahuluan for License ( GAMPIL ) bagi UMKM . Salah satu tantangan terbesar untuk menjalankan strategi tersebut pada sektor UMKM yaitu masalah stra. 1(1), 31– 36.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Satriadi, S., Rafida, R., Nasution , U. O. ., Saputra, A. ., Saputra, A. A. ., Huda, . M. K. ., Putri, S. V. ., Ode, S., Fransisca, S. ., Fitriani, S. N. ., Megarani, T. A. ., Annur, T. ., Handayani, T. ., & Agustina, A. (2023). PEMBUATAN E-CATALOG DALAM MENDUKUNG DIGITALISASI PRODUK PADA UMKM DI KELURAHAN MELAYU KOTA PIRING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4166–4168. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15794