IMPLEMENTASI FACEBOOK MARKETPLACE UNTUK PRODUK UMKM RENGGINANG IBU SUPARTIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN SECARA ONLINE

Authors

  • Anggia Sekar Putri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Muqtafin Muqtafin STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Marsudi Marsudi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Astuti Katmila Sari STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Elsha Kurniawati Simanjuntak STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Haliva Indah Sahputri STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Marisah Marisah STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Muhammad Iqba Iqbal STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Nurri Rizkiyanto STIE Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15793

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan marketplace dalam upaya meningkatkan penjualan secara online. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Internet adalah salah satu kebutuhan pokok yang tidak dapat dipisahkan oleh sebagian besar orang, dengan semakin berkembangnya internet maka munculah teknologi di bidang ekonomi bernama E-commerce. Salah satu media untuk mempertemukan penjual dan pembeli dalam E-commerce adalah marketplace. Marketplace yang paling populer di Indonesia adalah Facebook Marketplace. Pengabdian ini ditujukan untuk pengenalan terhadap penggunaan aplikasi Facebook Marketplace sehingga dapat dimanfaatkan oleh UMKM “Rengginang Ibu Supartin” yang berada di Desa Toapaya Selatan, Kabupaten Bintan. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam pengabdian ini melalui dua tahapan yaitu (a). Tahap survey dan wawancara dan (b). Perencanaan program. Hasil kegiatan ini sangat bermanfaat bagi UMKM “Rengginang Ibu Supartin” dalam upaya peningkatan penjualan produk secara efektif.

References

Hardilawati, W. laura, Arista Tri Astuti, Alex Candra, Kintan Syafwa Prastika, & Muhammad Abrar Al- azhar. (2021). Peningkatan Omset Usaha Keripik Nanas Khas Pekanbaru Melalui Pembaharuan Desain Packaging Dan Pengembangan Pemasaran Produk. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 5(1), 63–68. https://doi.org/10.37859/jpumri.v5i1.2335

Sholeh, M., & Basuki, U. J. (2021). Pendampingan Penggunaan Facebook Marketplace sebagai media promosi dan transaksi penjualan bagi pelaku UKM. MATAPPA?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 36–42.

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42.

Zarkasyi, A. (2020). Desain Packaging Untuk Meningkatkan Nilai Tambah Industri Makanan Dan Minuman. 7–9.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Putri, A. S. ., Muqtafin, M., Marsudi, M., Sari, A. K. ., Simanjuntak, E. K., Sahputri, H. I. ., Marisah, M., Iqbal, M. I., & Rizkiyanto, N. . (2023). IMPLEMENTASI FACEBOOK MARKETPLACE UNTUK PRODUK UMKM RENGGINANG IBU SUPARTIN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN SECARA ONLINE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4162–4165. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15793