MENUMBUHKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA MELALUI PENDAMPINGAN TERHADAP UKM PADA PERCETAKAN PERCETAKAN USAHA BUNDA RANTAUPRAPAT

Authors

  • Rosnaini Nasution Universitas Labuhanbatu
  • Ade Parlaungan Nasution Universitas Labuhanbatu
  • Sumitro Sumitro Universitas Labuhanbatu
  • Zulkifli Musannip Efendi Siregar Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15729

Keywords:

UMKM, Semangat berwirausaha, Digital Marketing

Abstract

UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia karena dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian. Para pelaku UMKM harunya memiliki semangat berwirausaha yang tinggi karena dengan berwirausaha dapat menciptakan kemandirian finansial dan tidak tergantung terhadap suatu perusahaan, tentu hal ini sangat memberikan solusi untuk mengurangi pengangguran. Untuk itu seorang pelaku UMKM atau Wirausahawan dituntut untuk memiliki semangat berwirausaha yang tinggi, agar mendorong kreatifitas dalam menjalankan dan mengembangkan usaha. Kreatifitas dalam berwirausaha dapat diperoleh seorang pelaku UMKM dengan mengikuti training, pelatihan yang dilaksanakan baik pemerintah maupun swasta dan dengan memperkaya pengetahuan melalui literatur. Namun sayangnya terkadang para pelaku UMKM merasa enggan untuk mengikuti pelatiahan. Oleh karena itu dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan metode pendampingan terhadap UMKM Percetakan Usaha Bunda.

References

Yusuf, A & Hamzah, A. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri Dan Semangat Kewirausahaan Terhadap Minat Menjadi Wirausaha. Jurnal Al-Amwal, Volume 8, No. 2.

Mulyana, M. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia (Sdm) Ritel Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ranggagading Volume 10 No. 2,: 164 - 170.

https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/stabilitas-sistem-keuangan/pengembangan-umkm/default.aspx#:~:text=UMKM%20memiliki%20peran%20penting%20bagi,stabilitas%20sistem%20keuangan%20dan%20perekonomian.

https://e-katalog.lkpp.go.id/

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Nasution, R. ., Nasution, A. P., Sumitro, S., & Siregar, Z. M. E. . (2023). MENUMBUHKAN SEMANGAT BERWIRAUSAHA MELALUI PENDAMPINGAN TERHADAP UKM PADA PERCETAKAN PERCETAKAN USAHA BUNDA RANTAUPRAPAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4986–4989. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15729