PELATIHAN MENDONGENG SEBAGAI UPAYA PENANAMAN RASA CINTA SASTRA PADA DIRI SISWA KELAS VIII MTS BINAUL IMAN KARANGSARI

Authors

  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Resmi Resmi Universitas Simalungun
  • Fheti Wulandari Lubis STKIP Budidaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15695

Keywords:

Mendongen, Cinta Sastra, Siswa MTs Binaul Iman

Abstract

Mendongeng merupakan suatu kegiatan yang dianggap sangat sederhana, namun sebenarnya memiliki peras yang sangat dalm membangun  perkembangan pada jiwa anak, terutama dalam menanamkan nilai-nilai positif pada anak. Mengenalkan dongeng sejak sedini mungkin dapat membantu menanamkan rasa kecintaan seorang anak pada karya sastra sehingga timbul kepedulian terhadap karya sastra itu sendiri. Namun saat ini sudah sangat jarang sekali ditemui kesadaran orang tua ataupun orang dewasayang masih menyadari betapa pentingntya megenalkan sastra pada anak sedini mungkin. Mengenalkan sastra pada anak dapat dilakukan dengan melalui hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, misalnya membacakan doseng sebelum anak tidur dapat kita lakukan dengan mudah namun memberikan dampak yang luar biasa. Sastra juga dapat memberikan nilai-nilai hiburan, sastra mengandung nilai pendidikan yang penting bagi perkembangan moral dan budi pekerti anak. Sastra dapat memperluas wawasan anak sekaligus memperhalus budi pekerti anak. Dongeng dapat kita sampaikan kepada anak baik secara lisan maupun secara  tulisan  dan dapat dijadikan sebagaisarana untuk berkomunikasi kepada anak. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada anak, baik itu penyampaian pesan secara langsung maupun secara tidak langsung. Kecintaan anak terhadap karya-karya sastra dapat meningkatkan hobi dan kesukaan anak pada aktivitas membaca. Dengan demikian, karya sastra mempunyai andil yang sangat tinggi bagi kecerdasan anak. Hal ini perlu disadari oleh semua kalangan, terutama orang tua sebagai guru pertama dan  utama untuk seorang anak dalam keluarganya. Dengan diberikannya cerita-cerita dongeng yang yang baik, sesungguhnya anak-anak tidak hanya memperoleh kesenangan atau hiburan saja, namun si anak mendapatkan pendidikan yang jauh lebih luas dari itu. Bahkan tidak berlebihan bila dikatakan bahwa cerita ternyata menyentuh berbagai aspek pembentukan kepribadian anak-anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dimana  peneliti  akan  mendeskripsikan serta menjelaskan secara terperinci mengenai berbagai pengertian mendongeng sebagai upaya penanaman rasa cinta sastra pada diri siswa menurut  pendekatan  ilmiah  dan  pendekatan  sistem. Penelitian  ini  mengaplikasikan  data-data sekunder,  dimana  data ini didapatkan  dari  berbagai  sumber  berupa  buku  dan  jurnal  yang  masih  berkaitan dengan judul penelitian ini yaitu Pelatihan Mendongeng Sebagai Upaya Penanaman Rasa Cinta Sastra Pada Diri Siswa, karena jenis penelitian ini adalah studi literatur. Dari penjelasan di atas penulis tertarik untuk membuat pelatihan mendongeng sebagai upaya penanaman rasa cinta sastra pada diri siswa di MTS Binaul Iman Karangsari terutama pada kelas VIII.Adapun tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan sederhana tentang betapa pentingnya kegiatan mendongeng dalam  menanamkan rasa cinta sastra pada diri anak. Salah satu alternatif  yang dilakukan dalam menumbuhkan rasa cinta sastra pada anak adalah melalui kegiatan mendongeng kepada anak.

References

Anirun, Suyatna. 2003. Menjadi Sutradara. Bandung: STSI Press Bandung.

Deskharina. (2013). Analisis Tokoh Antagonis Dalam Sastra Anak Jenis Dongeng Karya Charles Perrault. Universitas Pendidikan Indonesia

Dr. Wahidmurni, M.Pd. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Rukiyah. (2018). Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. ANUVA Volume 2 (1):99-106

Uniawati. (2013). Mendongeng : Suatu Alternatif Menanamkan Kecintaan Anak Terhadap Sastra. Gramatika, Vol.I,No.2. 167-174

Yudiaryani. 1997. Pengantar Teater Dunia. Yogyakarta: MSPI Arti.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Marini, N. ., Turnip, B. R. ., Resmi, R., & Lubis, F. W. . (2023). PELATIHAN MENDONGENG SEBAGAI UPAYA PENANAMAN RASA CINTA SASTRA PADA DIRI SISWA KELAS VIII MTS BINAUL IMAN KARANGSARI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4023–4027. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15695