TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MELALUI PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI KOTA MAKASSAR

Authors

  • Eka Fitriana HS Universitas Megarezky
  • Fitri Handayani Universitas Megarezky
  • Nabilah Sri Damayanti Damayanti Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15656

Keywords:

Transformasi, Pendidikan, Literasi dan Numerasi

Abstract

Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan Kampus Mengajar 5 yang merupakan bentuk  pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan  Riset dan Teknologi. Kampus mengajar merupakan implementasi atau bagian dari salah satu program kampus  merdeka yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.  Dalam pelaksanaannya, program ini memberikan amanah kepada mahasiswa untuk dapat  melaksanakan pembelajaran kepada siswa yang berfokus kepada pemahaman literasi dan  numerasi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana program kampus mengajar dapat  mentransformasi kemampuan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi peserta didik di SD.  Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan  data berupa wawancara. Adapun hasil dari pengadian yang dilakukan adalah melalui program kampus mengajar membantu guru dan siswa di SD Negeri Sipala 1 dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa menjadi lebih baik.

References

Bangun, A. A. R., Sihombing, D. I., Manik, E., Ginting, K., & Julius, J. (2022). Penguatan Literasi dan Numerasi pada Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri 047176 Sirumbia. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–152. https://doi.org/10.35878/kifah.v1i2.490

Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Eruin Endaryanta. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah Di Sd Kristen Kalam Kudus Dan Sd Muhammadiyah Suronatan. Kebijakan Pendidikan, 6(7), 732–744.

Fajar, B. Al. (2019). Analisis Penanaman Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas, 74–79.

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, 86–94.

Hanum, A. E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1104–1111.

Herawan, E. (2021). Literasi Numerasi Di Era Digital Bagi PendidikLitera. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 23–32.

Kadek, N., Widiantari, K., & Suparta, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. 10(2), 331–343.

Lestari, M. R. D. W., & Septianingrum, T. D. (2019). Program gerakan literasi sekolah di sd dharma karya. Holistika?: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 131–136.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. 3(1), 9–15.

Rachman, B. A., Fidaus, F. S., Mufidah, N. L., & Sadiyah, H. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. 5(6), 1535–1541.

Rahayu2, R. M. P. (2022). Peningkatan Literasi Dan Numerasi Peserta Didik Uptd Spf Sdn 29 Cenrana Melalui Program Kampus Mengajar Rachmin. J.A.I?: Jurnal Abdimas Indonesiaa, Vol. 2. No, 303–309.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Tri Novita Irawati. (2020). Profil Kemampuan Literasi Numerasi di Masa Pandemi Cov-19. Pedagogy?: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(101), 258. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1673

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

HS, E. F., Handayani, F. ., & Damayanti, N. S. D. (2023). TRANSFORMASI MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR MELALUI PENGUATAN LITERASI DAN NUMERASI PADA PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI KOTA MAKASSAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4202–4207. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15656