PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDes AMANAH KASIH DESA SINAH KASIH, SEI RAMPAH

Authors

  • Budi Antoro Universitas Dharmawangsa
  • M. Reza Septriawan Universitas Dharmawangsa
  • Ratna Dina Marviana Universitas Dharmawangsa
  • T.M. Syauqi Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15628

Keywords:

BUMDes Amanah Kasih, Depot Air Minum, Laporan Keuangan.

Abstract

Desa Sinah Kasih merupakan salah satu desa dari 17 desa yang terdapat pada Kecamatan Sei Rampah dengan luas wilayah 1.900,22 m2 dan jumlah penduduk sebanyak 1748 jiwa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani dan pekerja perkebunan PTPN4. Desa ini memiliki BUMDes dimana unit usahanya berupa depot air minum (air masak) yang cukup dibutuhkan oleh masyarakat desa Sinah Kasih. Unit usaha tersebut didirikan berdasarkan swadaya masyarakat yang kemudian dibawah naungan BUMDes Amanah Kasih. Meskipun unit usaha tersebut berada pada naungan BUMDes, namun permodalan awal dalam menjalankan usaha depot air minum ini bukan berasal dari pendanaan desa melainkan murni dari swadaya masyarakat desa. Sehingga segala bentuk aktivitas produksi, penjualan, pencatatan laba-rugi masih dilakukan dengan sederhana. Dari hal tersebut maka pencatatan laporan keuangan unit usaha depot air minum ini masih sangat sederhana dan belum memenuhi kriteria pencatatan laporan keuangan yang baik. Pelatihan penyusunan laporan keuangan yang baik dirasakan perlu oleh pengelola usaha depot air minum ini karena nantinya unit usaha ini akan mengajukan pendanaan modal pada desa. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dilakukan kegiatan PkM berupa pelatihan penyusunan laporan keuangan sehingga mitra dapat menyusun laporan keuangan yang sesuai standar akuntansi yang baik sebagai luaran utama kegiatan. Rencana kegiatan dilakukan selama dua hari dengan rincian hari pertama pemberian sosialisasi manajemen usaha dan konsep-konsep dasar akuntansi berkaitan dengan pencatatan keuangan, hari kedua pelatihan penyusunan laporan keuangan.

References

BPS, Sumatera Utara. 2022. “Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara.” https://sumut.bps.go.id/subject/12/kependudukan.html#subjekViewTab3 (September 20, 2022).

Harahap, S., S.(2011). Analisis Kritis atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers

Hariyono, A. 2020. “Literasi Keuangan Menabung Sejak Dini Dan Pendampingan Pengelolaan Keuangan Berbasis Pembukuan Sederhana Pada Bank Sampah Desa Brangkal ….” DedikasiMU: Journal of Community Service. http://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/1210.

Herawati, Helmi. 2019. “Pentingnya Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan Perusahaan.” Akuntansi Unihaz - JAZ 2(1): 16–25.

Isnawan, G. (2012). Akuntansi Praktis untuk UMKM. Jakarta: Laskar Aksara.

Istanti, Lulu Nurul, Yuli Agustina, Trisetia Wijijayanti, and Buyung Adi Dharma. 2020. “Pentingnya Penyusunan Laporan Keuangan Umkm Bagi Para Pengusaha Bakery, Cake And Pastry (Bcp) Di Kota Blitar.” Jurnal Graha Pengabdian 2(2): 163–71. http://journal2.um.ac.id/index.php/jgp/article/view/13350 (June 7, 2023).

Kasmir. (2016). Analisis Laporan Keuangan, Cetakan 9. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Munawir, S. (2014). Analisis Laporan Keuangan Edisi keempat, Cetakan Kelima Belas.

Oktari, Arwilla Faurillie Ayu. (2019). “Implementasi Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak-Etap) Pada Cv Tugu Indah.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 8(no.1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/6233.

Rudianti. (2012). Pengantar Akuntansi: Konsep & Teori Penyusunan Laporan Keuangan. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Antoro, B., Septriawan, M. R. ., Marviana, R. D. ., & Syauqi, T. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA BUMDes AMANAH KASIH DESA SINAH KASIH, SEI RAMPAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3958–3966. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15628