PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH BERBANTU APLIKASI MENDELEY DENGAN TINGKAT PLAGIASI RENDAH

Authors

  • St. Sukmawati S Universitas Muslim Indonesia
  • Sri Gusty Universitas Fajar
  • Ali Zainal Abidin Alaydrus Universitas Mulawarman
  • Ratna Novita Punggeti Universitas Wiraraja
  • Sulaeman Sulaeman Universitas Negeri Makassar
  • Monica Feronica Bormasa Universitas Lelemuku Saumlaki

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15589

Keywords:

Pelatihan, Artikel Ilmiah, Aplikasi Mendeley, Plagiasi, Etika Penulisan Ilmiah

Abstract

Pelatihan Penyusunan Artikel Ilmiah Berbantu Aplikasi Mendeley dengan Tingkat Plagiasi Rendah merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan secara online pada tanggal 11 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun artikel ilmiah dengan tingkat plagiasi yang rendah. Dalam pelatihan ini, metode yang digunakan meliputi penyampaian materi tentang teknik dan metodologi penulisan artikel ilmiah, pengenalan aplikasi Mendeley sebagai alat bantu, serta strategi untuk menghindari plagiasi. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan yang telah mereka peroleh dengan menyusun artikel ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa peserta berhasil meningkatkan pemahaman mereka dalam menyusun artikel ilmiah dengan kualitas yang baik dan tingkat plagiasi yang rendah. Mereka mampu mengaplikasikan pengetahuan tentang etika penulisan ilmiah dan manajemen referensi menggunakan aplikasi Mendeley. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah pelatihan ini efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam menyusun artikel ilmiah dengan tingkat plagiasi yang rendah. Peserta mampu menghasilkan artikel ilmiah yang sesuai dengan standar akademik dan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap etika penulisan ilmiah.

References

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Khoirunnisa, F., Sabekti, A. W., & Yulita, I. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis Ilmiah Berbantuan Manajemen Referensi Mendeley bagi Guru-Guru SMA/Sederajat di Kabupaten Bintan. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8–13.

Ma’ruf, M. I., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia (STIE-PI) Makassar dalam penulisan karya ilmiah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.

Mardin, H., Baharuddin, B., & Nane, L. (2020). Pelatihan Cara Menulis Sitasi Dan Daftar Pustaka Jurnal Format Apa StyleMenggunakan Aplikasi Mendeley. Jurnal Abdidas, 1(3), 137–143.

Pramiastuti, O., Rejeki, D. S., & Pratiwi, A. (2020). Pengenalan dan pelatihan sitasi karya ilmiah menggunakan aplikasi Mendeley. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(1), 24–30.

Wahyuningsih, B. Y., Sugianto, R., & Wardiningsih, R. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa Untuk Penyusunan Daftar Pustaka Karya Ilmiah. PANDAWA, 3(1), 21–33.

Wardani, N. W., & Ginantra, N. L. W. S. R. (2020). Pelatihan aplikasi mendeley untuk referensi dalam menulis karya ilmiah bagi guru smk dwijendra denpasar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 13–20.

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

S, S. S. ., Gusty, S. ., Alaydrus, A. Z. A. ., Punggeti, R. N. ., Sulaeman, S., & Bormasa, M. F. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH BERBANTU APLIKASI MENDELEY DENGAN TINGKAT PLAGIASI RENDAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3805–3810. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15589