KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Authors

  • Slamet Riady Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Achmad Fageh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Manajemen, Pemasaran, Perspektif Islam

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengkaji konsep manajemen pemasaran perspektif Islam menurut para pakar ekonomi Islam. Penulisan ini merupakan penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa referensi terkait dengan topik kajian. Analisis data dilakukan secara kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pemasaran Islam masih bergantung pada konsep pemasaran konvensional, dimana kajian konsep pemasaran Islam hanya digunakan sebagai alat pemasaran. Dengan demikian, peluang untuk mengkaji konsep pemasaran Islam lebih mendalam masih terbuka untuk dilakukan.

References

Ifham Sholihin, Ahmad. Buku Pintar Ekonomi Syariah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010

Azrin Adnan, Ahmad. “Theoretical Framework for Islamic Marketing: Do We Need a New Paradigm?”, International Journal of Business and Social Science, vol. 4, no. 7 2013

Ibrahin Abu Sinn, Ahmad. Manajemen Syariah: Sebuah Kajian Historis dan Kontemporer, diterjemahkan oleh Dimyauddin Djuwaini, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006

Ahmad Alserhan, Baker. The Principles Of Islamic Marketing, Gower Publishing Limited, England, 2011

Swastha, Basu. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta, 2008

Hafidhuddin, Didin. Dkk. Manajemen Syariah Dalam Praktek, Gema Insani, Jakarta, 2003

Kasmir, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2016

Kasmir. Dkk. Studi Kelayakan Bisnis, Ed. 2, Cet. 6, Kencana, Jakarta, 2009

Malayu S.P. Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta, 2013

Anogara, Pandji. Manajemen Bisnis, PT. Rineka Cipta, Jakarta, 2004

Sukirno, Sadono. Pengantar Bisnis, Ed. 1, Cet. 1, Prenada Media, Jakarta, 2004

Peter Salim, Dkk. Kamus Bahasa Indonesia Kontenporer, Modern English Press, Jakarta, 2002

Kartajaya, Hermawan. Hermawan Kartajaya On Marketing, Gramedia, Jakarta, 2002

Kotler, Philip. Dkk. Principles of Marketing, Pearson Prentie-Hall, 2004

Alom, Mahabub. Dkk. “Marketing: An Islamic Perspective”, World Journal of Social Sciences, vol. 1, no. 3, 2011

Hendi Suhendi, Fiqh Mu'amalah, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005

Syafi'i. Antonio, Islamic Banking-Bank Syariah: dari teori ke praktik, Gema Insani Press, Jakarta, 2001

Idri. Hadits Ekonomi, PT Kencana, Jakarta, 2015

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Riady, S. ., & Fageh , A. (2023). KONSEP MANAJEMEN PEMASARAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3796–3804. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15555