PENGUATAN PERAN ASISTEN RUMAH TANGGA (PRT DOMESTIK) MELALUI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DI LPK BUDI MULIA

Authors

  • Mutia Ulfah Politeknik Negeri Batam
  • Dewi Sartika STIE Persada Bunda Pekanbaru
  • Sri Mulyana STIE Persada Bunda Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15474

Keywords:

Pelayanan Prima, Pembantu Rumah Tangga (PRT)

Abstract

Pembantu Rumah Tangga memiliki peran penting dalam keluarga kelas menengah di Indonesia. Mereka berkontribusi dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Permasalahan yang sering dihadapi PRT ialah kesulitan dan kurangnya keterampilan dalam melakukan pekerjaan rumah tangga, sikap mental menerima dan takut pada majikan, lingkungan sosial yang membuat turunnya rasa percaya diri, kesulitan berkomunikasi serta kapasitas kerja rumah tangga tempat PRT bekerja.  Kegiatan dilakukan pada LPK Budi Mulia. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan yakni penyampaian materi penyuluhan dan tanya jawab serta Sharing yang melibatkan pekerja khususnya PRT di LPK Budi Mulia untuk memberikan pencerahan, pemahaman, pembinaan dan pengembangan pelayanan yang dilakukan melalui berbagai alternatif kegiatan, salah satu diantaranya berupa pelatihan dan penyuluhan Pelayanan Prima dalam rangka memenuhi atau melebihi harapan dan menumbuhkan rasa kepercayaan di mata klien. Prosedur yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini terbagi atas; 1. Sesi pertama mencakup penyuluhan dan diskusi yang diikuti oleh para calon PRT di LPK Budi Mulia. Materi penyuluhan tentang situasi dan peluang yang ada saat ini bagi para pekerja rumah tangga. 2 Sesi kedua dengan Materi penyuluhan tentang perbedaan karakter dari setiap calon majikan. 3 Sesi ketiga dengan Materi penyuluhan tentang tata cara penerapan pelayanan prima sebagai pekerja rumah tangga. Dengan adanya penyuluhan dapat membantu PRT dalam memberikan pelayanan yang  berkualitas dalam melaksanakan pekerjaan, dapat menumbuhkan rasa kepercayaan serta  kepuasan dari yang menggunakan jasa PRT tersebut.

References

Barata, Atep Adya. 2003. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo: Jakarta

Irawan, Handi. 2003. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Gramedia: Jakarta

Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan Republik indonesia. 2006. Kebijakan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP).

Rahardjo, Dawam M. 1992. “Keswadayaan dlam Pembangunan Sosial ekonomi.” dalam Pengembangan Swadaya Nasional: Tinjauan Ke Arah Persepsi Yang Utuh. PT. Pustaka LP3eS: Jakarta.

Supriatna, Tjahya. 2000. Strategi Pembangunan dan Kemiskinan. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyanto, dkk. 2007. Kajian Pengentasan Kemiskinan di Kota Malang. Laporan Penelitian. Sukesi, Keppi. 2002. Hubungan Kerja dan Dinamika Hubungan Gender dalam Sistem Pengusahaan Tebu Rakyat. Lembaga Penerbitan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya: Malang.

Konstruksi Gender dalam Kerja/Dunia Industri: Kasus Pekerja Pabrik Rokok di Jawa Timur. Women Research institute: Jakarta

Bias Gender dalam Pekerjaan Rumah Tangga Domestik dan Buruh Migran. Jurnal Analisis Sosial Vol 14 No. 1, Mei 2019.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Bayumedia: Malang

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

Versions

How to Cite

Ulfah, M. ., Sartika, D. ., & Mulyana, S. . (2023). PENGUATAN PERAN ASISTEN RUMAH TANGGA (PRT DOMESTIK) MELALUI PELATIHAN PELAYANAN PRIMA DI LPK BUDI MULIA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3648–3651. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15474