DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN UMKM DI KELURAHAN KODINGARENG

Authors

  • Suryani Suryani Universitas Dipa Makassar
  • Hasyrif Sy Universitas Dipa Makassar
  • Sitti Harlina Universitas Dipa Makassar
  • Magfirah Magfirah Universitas Dipa Makassar
  • Madyana Patasik Universitas Dipa Makassar
  • Nurul Aini Universitas Dipa Makassar
  • Nurlina Nurlina Universitas Dipa Makassar
  • Novita Sambo Layuk Universitas Dipa Makassar
  • Andrew Ridow Johanis M Universitas Dipa Makassar
  • Nurdiansah Nurdiansah Universitas Dipa Makassar
  • Ahyuna Ahyuna Universitas Dipa Makassar
  • Sadly Syamsuddin Universitas Dipa Makassar
  • Faizal Faizal Universitas Dipa Makassar
  • Muh. Khaddafi Universitas Dipa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15442

Keywords:

Edukasi, Pelatihan, Digital Marketing, UMKM

Abstract

Salah satu kewajiban dosen yang dilaksanakan secara berkala adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kewajiban tersebut merupakan salah satu wujud Tri Darma Perguran Tinggi. Kegiatan pengabdian terlaksana atas kerja sama Universitas Dipa Makassar dengan Pemerintah Kota Makassar, Kecamatan Kepulauan Sangkarrang, Kelurahan Kodingareng dengan tema Digitalisasi Marketing Sebagai Strategi Penguatan UMKM di Kelurahan Kodingareng. Kegiatan ini diikuti oleh 21 orang pengusaha dalam hal ini pemilik UMKM. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah penguatan UMKM naik kelas dalam meningkatkan daya saing di pasar global. Pengabdian ini menggunakan presentasi serta pelatihan langsung menggunakan mobile android ataupun laptop dalam proses edukasi dan pelatihan. Metode yang digunakan adalah metode pendidikan, pelatihan dan advokasi. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu seluruh peserta yang mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir dapat mengetahui dan membuat Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai salah satu dokumen legalitas usaha mikro dan kecil. Selain itu peserta dapat mengetahui strategi penguatan UMKM naik kelas seperti melakukan Social Media Marketing (SMM), Search Engine Optimazation (SEO), Branding dan Content Marketing.

References

As’ary, M., Mugini, P., Fakhrurozi, M. F., Sugiarti, S., Utami, G. F., & Hapsari, D. R. (2021). Optimalisasi Potensi Home Industry melalui Digitalisasi Marketing (Kasus: Produksi Emping Rumahan Kampung Pagutan, Desa Sukakerta, Cianjur). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 3(1), 91–101.

Barokah, S., Wulandari, O. A. D., Sari, M. T., & Yuditama, I. F. (2021). Optimalisasi digital marketing melalui Facebook ads di Kelurahan Purwanegara. J. Abdimas BSI J. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(1), 17–22.

Baunsele, A. B., Oliviera, F. P., Bare, E. M. G., Ketmoen, A., & Missa, H. (2023). Sosialisasi dan Digitalisasi Marketing UMKM Fersita Batako di Desa Baumata, Kabupaten Kupang-NTT. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(1), 41–48.

Budiarto, F. N. R., Amelia, K. S., Arindawati, S., Mawardhany, S. K., Belangi, H. A. P., Mas’ udah, K. W., & Wuryandari, Y. (2022). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam Rangka Pengembangan UMKM Desa Ngampungan. Karya Unggul-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 116–124.

Darmayanti, E. F., Thresia, F., Anggoro, D., Rahayu, R., & Kurniawan, A. (2022). Pendampingan Membatik dan Digitalisasi Marketing dalam Upaya Peningkatan dan Pengembangan Daya Tarik Wisata Di Desa Banjarrejo. In Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ) (Vol. 6, Issue 2).

Handayati, P., Wafaretta, V., Fauzan, S., & Anugrahani, I. S. (2021). Peningkatan Wawasan Dan Kemampuan Pelaku Umkm Dalam Pemanfaatan Dana Pkbl Perusahaan. Sinergi: Jurnal Pengabdian, 3(1), 20–23.

Hidayati, M., Kumala, R., Andayani, W., Ridwal, R., & Aldino, A. (2021). Proses Pembuatan Npwp Cepat Dan Mudah Bagi Pelaku UMKM Di Masa Pandemi Covid-19. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 746–756.

Kusumadewi, F. N. (2021). Pengembangan Desain Pelatihan Penguatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Desa Wisata. Jurnal Instruksional, 2(2), 146–156. https://www.bps.go.id/indicator/13/1962

Maydiantoro, A., Jaya, M., Hestiningtyas, W., & Rahmawati, R. (2021). Pendampingan UMKM menuju digitalisasi marketing upaya kebangkitan di era new normal. J. Kreat. Pengabdi. Kpd. Masy, 4(6), 1530–1539.

Nuvitasari, A., & Martiana, N. (2019). Implementasi SAK EMKM sebagai dasar penyusunan laporan keuangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). International Journal of Social Science and Business, 3(3), 341–347.

Pradana, M. R., Harviar, H., & Riyanto, H. (2020). Pengelolaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi PT Patra Bangun Properti. JCommsci-Journal of Media and Communication Science, 3(3), 159–177.

Pratama, I. G. J., Ardani, W., & Putri, I. A. S. (2022). Pemanfaatan Presidensi G20 sebagai Sarana Marketing dan Branding Ekonomi Kreatif pada Era Pandemi Covid-19. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(1), 28–33.

Riwoe, F. L. R., & Mulyana, M. (2022). Pendampingan Penggunaan Social Media Marketing Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 3(1), 25–32.

Saraswati, D. A., & Hastasari, C. (2020). Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok. co dalam Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Biokultur, 9(2), 152–171.

Sukri, S., & Zulfikar, Z. (2021). Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). J. Nas. Komputasi Dan Teknol. Inf, 4(3).

Suryani, S., Arwansyah, A., & Hasyrif, H. (2021). Pengembangan Soft Skill Guru SD melalui Pelatihan Aplikasi Perkantoran dan Desain Grafis di Polewali Mandar. Jurnal SOLMA, 10(1), 181–188. https://doi.org/10.22236/solma.v10i1.5272

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2021). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1), 42–47.

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023a). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482

Wusqo, A. U., Fridayanti, B. E., & Aisyah, S. (2023b). Pengembangan dan Pendampingan UMKM Dompet Kulit Melalui Digitalisasi Marketing Berbasis Marketplace Shopee Untuk Menunjang Pemasaran dan Peningkatan Penjualan. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/jppm.v7i1.9482

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Suryani, S., Sy, H. ., Harlina, S. ., Magfirah, M., Patasik, M. ., Aini, N. ., Nurlina, N., Layuk, N. S. ., M, A. R. J. ., Nurdiansah, N., Ahyuna, A., Syamsuddin, S. ., Faizal, F., & Khaddafi, M. (2023). DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI STRATEGI PENGUATAN UMKM DI KELURAHAN KODINGARENG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4212–4221. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15442