STRATEGI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TELUKJAMBE KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Gauri Tifani Azzahrah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi Priyanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kariena Febriantin Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dadan Kurniansyah Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15424

Keywords:

Strategi, LPM, Pemberdayaan, Masyarakat

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum maksimalnya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Telukjambe. Berdasarkan observasi, diketahui bahwa terdapat hambatan-hambatan yang menjadikan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat tidak berjalan dengan lancar. Salah satu permasalahannya yaitu LPM belum dapat mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya manusia yang tersedia, padahal sumber daya manusia merupakan hal yang terpenting dalam keberhasilan dari pemberdayaan masyarakat. Strategi adalah suatu upaya yang harus dilaksanakan oleh LPM untuk mewujudkan tujuan dari pemberdayaan masyarakat yaitu menjadikan masyarakat maju dan berkembang dalam menggunakan potensi yang dimiliki. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Apa saja hambatan-hambatan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Telukjambe Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang? (2) Bagaimana strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam pemberdayaan masyarakat di Desa Telukjambe Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang? (3) Bagaimana pengaruh strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) terhadap masyarakat di Desa Telukjambe Kecamatan Telukjambe Timur Kabupaten Karawang?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan ditentukan secara purposive sampling berjumlah 7 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis sebelum di lapangan, dan analisis selama dan setelah di lapangan. Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh hasil penelitian bahwa Hambatan-hambatan LPM dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat dipengaruhi oleh anggaran, fasilitas sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan kerja sama pihak swasta. Upaya yang menjadi dasar strategi LPM dalam pemberdayaan masyarakat yaitu; 1) Menciptakan suasana atau iklim yang menjadikan potensi masyarakat berkembang (enabling), 2) Memperkuat potensi atau daya yang dimiliki masyarakat (empowering), 3) Memberdayakan dan melindungi masyarakat (protecting). Pengaruh strategi LPM terhadap masyarakat yaitu menjadikan masyarakat mandiri dalam mengelola hasil dari pemberdayaan masyarakat.

References

Anoraga, P. (2004). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 338-389

Bakri, M. 2017. Pemberdayaan Masyarakat Pendekatan RRA dan PRA. Vissipress Media. Surabaya. Indonesia.

Darmawansyah, R. (2017). Peran Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Buniseuri Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 3(3), 138-149.

Hadiyanti, P. (2008). Strategi pemberdayaan masyarakat melalui program keterampilan produktif di PKBM Rawasari, Jakarta Timur. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(IX), 90-99.

HAW. Widjaja (2003). Otonomi Desa Merupakan Otonomi Yang Asli Bulat dan Utuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kartasasmita, G. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat, Memadukan. Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta : PT. Pustaka Cresindo.

Modul Kementrian Sosial Republik Indonesia. Pemberdayaan. Diakses pada 20 Februari 2022, dari:

https://bppps.kemensos.go.id/bahan_bacaan/file_materi/pemberdayaan.pdf

Payne. (1997). Modern Social Work Theory. London: Macmillan Press.

Sarinah, I., Sihabudin, A. A., & Suwarlan, E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Bidang Ekonomi Oleh Pemerintah Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 5(3), 267-277.

Sumaryadi, I Nyoman. (2005). Perencanaan Pembangunan Daerah Otonom dan Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: CV Citra Utama Gemilang

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Azzahrah, G. T. ., Priyanti, E. ., Febriantin, K. ., & Kurniansyah, D. . (2023). STRATEGI LEMBAGA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (LPM) DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA TELUKJAMBE KECAMATAN TELUKJAMBE TIMUR KABUPATEN KARAWANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3763–3768. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15424