PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SINTA

Authors

  • Ramdhan Kurniawan Universitas Terbuka
  • Jekmal Malau Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Eka Melati Institut Teknologi Mitra Gama
  • Nofirman Nofirman Universitas Prof Dr Hazairin, SH., Bengkulu
  • Ari Purwanti Universitas Dian Nusantara
  • Siti Aisyah Hanim Universitas Malikussaleh

Keywords:

Pengabdian Kepada Masyarakat, Artikel Ilmiah, SINTA, Pengetahuan, Keterampilan.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan adalah pelatihan penyusunan artikel ilmiah terindeks SINTA. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada tanggal 20 Maret 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 33 peserta dari berbagai kalangan seperti guru, mahasiswa, dan dosen. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran peserta dalam penyusunan artikel ilmiah yang berkualitas dan dapat diindeks pada SINTA. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi sesi presentasi, diskusi interaktif, dan penugasan individu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pengetahuan dan keterampilan peserta terkait penyusunan artikel ilmiah terindeks SINTA. Peserta berhasil mengembangkan kemampuan dalam menyusun argumen yang jelas, menggunakan gaya penulisan akademik, dan mengidentifikasi jurnal terindeks SINTA yang relevan. Kegiatan ini memberikan manfaat yang positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengabdian kepada masyarakat melalui publikasi ilmiah yang relevan dan bermutu.

References

Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., Yasa, I. W. P., Ahmad, R., & Purnawibawa, G. (2021). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah terindeks sinta untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di SMP Stap N 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 1357.

Budiwan, J., & Suswandari, M. (2021). Pelatihan menulis artikel ilmiah jurnal terakreditasi Sinta dan terindeks Scopus dalam mengembangkan kompetensi profesional dosen. Educate: Journal of Community Service in Education, 1(1), 9–19.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BIDANG PENDIDIKAN JASMANI. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Mahasiswa Dalam Menyusun Artikel Ilmiah Dan Publikasi Di Jurnal Nasional Terakreditasi Sinta. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9.

Rahim, A., Malik, A., Hastuti, D. R. D., Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Wahyuli, Y. H., Sari, D. N. F., & Haryani, D. (2022). Pelatihan Training Of Trainer (Tot) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1652–1658.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Kurniawan, R. ., Malau, J., Melati, E. ., Nofirman, N., Purwanti, A., & Hanim, S. A. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SINTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3482–3487. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15382