PENYULUHAN PENGETAHUAN TENTANG KELUARGA BERENCANA (KB) DAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP

Authors

  • Elmia Kursani Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Sherly Vermita Warlenda Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Yuni Purwanti Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Keywords:

KB, Kontrasepsi, Pasangan Usia Subur (PUS), MKJP

Abstract

Keluarga Berencana merupakan salah satu upaya Pemerintah dalam menekan angka kelahiran di Indonesia. KB bertujuan membentuk keluarga kecil, sehat, dan sejahtera. Pelaksanaan program KB diharapkan dapat mengatur jumlah kelahiran, jarak kelahiran, dan jumlah anak yang diharapkan dalam keluarga, serta meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan keluarga, terutama ibu dan anak. Keikutsertaan Pasangan Usia Subur (PUS) dalam program KB dan pemilihan alat kontrasepsi yang tepat diharapkan dapat mensukseskan program KB yang bertujuan membentuk keluarga kecil sehat dan sejahtera. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya keikutsertaan dalam program KB dan pemilihan metode kontrasepsi yang tepat. Metode pengabdian ini yaitu penyuluhan kesehatan tentang pentingnya KB dalam membentuk keluarga kecil, sehat, dan sejahtera, serta Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Hasil pre test sebelum penyuluhan menunjukkan bahwa 70% ibu (PUS) mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Setelah dilakukan penyuluhan, hasil posttest menunjukkan hampir semua (90%) ibu (PUS) tersebut bisa menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini membuktikan bahwa penyuluhan yang diberikan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman ibu-ibu (PUS) tentang KB dan pentingnya menjadi akseptor KB, serta dapat memilih salah satu alat kontrasepsi MKJP. Peran dari petugas kesehatan dan kader KB di desa juga sangat penting dalam mengingatkan ibu-ibu (PUS) tentang pentingnya keikutsertaan dalam program KB, dan memilih kontrasepsi yang tepat.

References

BKKBN, Kementrian Kesehatan RI, Kementrian PPN/Bappenas, UNFPA, C. (2020) ‘Strategi Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Berbasis Hak untuk Percepatan Akses terhadap Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi yang Terintegrasi dalam Mencapai Tujuan Pembangunan Indonesia’, Bkkbn, pp. 1–110.

Elysara, N. and Rusnaini, S. (2018) ‘Pelaksanaan Program Keluarga Berencana Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Di Tanah Tumbuh Kabupaten Bungo’, Ikraith Humaira, 2(3), pp. 96–101.

Herowati, D. and Sugiharto, M. (2019) ‘Hubungan Antara Kemampuan Reproduksi, Kepemilikan Anak, Tempat Tinggal, Pendidikan Dan Status Bekerja Pada Wanita Sudah Menikah Dengan Pemakaian Kontrasepsi Hormonal Di Indonesia Tahun 2017’, Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(2), pp. 91–98. doi: 10.22435/hsr.v22i2.1553.

Irawati, D., Priyanti, S. and ... (2022) ‘Upaya Peningkatan Pengetahuan WUS Tentang KB MKJP Di Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Wates Umpak Wilayah Kerja Puskesmas …’, Jurnal …, 2(1), pp. 1–10. Available at: http://ejournal.stikesmajapahit.ac.id/index.php/AMK/article/view/754.

Kemenkes RI (2021) Profil Kesehatan Indonesia 2020, IT - Information Technology. Edited by B. Hardhana, F. Sibuea, and W. Widiantini. Jakarta: Kemenkes RI. doi: 10.1524/itit.2006.48.1.6.

Mandira, T. M. et al. (2020) ‘Edukasi Program Keluarga Berencana (Kb) Pada Wanita Usia Subur Selama Masa Pandemi Covid 19’, Jurnal Abdi Masyarakat, 1(1), pp. 108–112. Available at: http://openjournal.wdh.ac.id/index.php/JAM/article/view/83.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Kursani, E. ., Warlenda, S. V. ., & Purwanti, Y. (2023). PENYULUHAN PENGETAHUAN TENTANG KELUARGA BERENCANA (KB) DAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG (MKJP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3326–3330. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15206