PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY BAGI MUDA MUDI DI PERHIMPUNAN MAHASISWA SAMOSIR (PERMASI)

Authors

  • A. Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas
  • Witya Shalini STIE Professional Manajemen College
  • Tohap Parulian Universitas Medan Area
  • Galeh Sari STIE Professional Manajemen College
  • Cut Susan Octavia Universitas Amir Hamzah

Keywords:

Aplikasi Mendeley, Instrumen Citation, Reference Manager

Abstract

Program penyuluhan penggunaan aplikasi mendeley sebagai instrumen citation dan reference manager untuk skripsi dan artikel ilmiah bagi muda mudi di Perhimpunan Mahasiswa Samosir dilaksanakan sebagai bentuk wujud tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian dilaksanakan Di Perhimpunan Mahasiswa Samosir pada tanggal 13 Mei 2023. Mendeley berfungsi sebagai library yang disertai dengan kemampuan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan skripsi dan artikel ilmiah. Tujuan kegiatan penyuluhan yaitu agar mengetahui cara memanajemen referensi dan membuat daftar pustaka yang baik dan benar berdasarkan format penulisan yang tepat.  Pelatihan ini menggunakan metode workshop. Metode workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang dimulai dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menggunakan aplikasi mendeley sehingga peserta dapat memahami mengenai penggunaannya dengan tepat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah peserta antusias dan sangat proaktif dalam menggunakan aplikasi mendeley.

References

Harared,Nico & Iriyansah,M Rinzat.2021. Mendeley : Sitasi Dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Jurnal Bereputasi. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 5 (3).

Krismiyati, Ahmad,Busyairi & Purnamasari,Jelita.2021. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik YAPIS BIAK Dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Budimas Vol 3 (2)

Ngibad, Khoirul. 2020. Pelatihan Mendeley Secara Online Bagi Mahasiswa FIKES Umaha Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara Vol 2 (1).

Patak, A.A., & Akib, E. (2015). Hindari plagiat dengan Mendeley (M.B. Jafar (ed)). Universitas Negeri Makasar.

Taufiq,A. (2009). Persyaratan Perangkat Lunak (Software Requirements) Tujuan Requirements.

Triyanto, T., Yana,R.H., & Nurkhalis,N. (2020). Pelatihan Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat : Darma Bakti Teuku Umar 2 (1)

Wardhono, A., Kalista,A., Kurniawati,D., & Susilo,P.B. (2019). Quiz Training Program through iSpring Suite 8.0 to Junior High School Teachers Tuban. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 3 (1) 70-83

Windarto, A.P., Hartama, D., Wanto,A., & Parlina, I. 2018. Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citas Karya Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2 (2) 145-150

Windarto,A.P., Hartama, D., Wanto,A., & Parlina,I. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Mendeley Desktop Sebagai Program Istimewa Untuk Akademisi Dalam Membuat Citasi Karya Ilmiah. Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (2), 145.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Mahendra, A. ., Shalini, W. ., Parulian, T. ., Sari, G. ., & Octavia, C. S. . (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI MENDELEY BAGI MUDA MUDI DI PERHIMPUNAN MAHASISWA SAMOSIR (PERMASI). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3302–3306. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/15201