PENINGKATAN DUKUNGAN KELUARGA HIPERTENSI MELALUI PELATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF

Authors

  • Rusdianingseh Rusdianingseh Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Muhamad Khafid Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rita Vivera Pane Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Raden Khairiyatul Afiyah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Nety Mawarda Hatmanti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Siti Maimunah Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15138

Keywords:

Hipertensi, Kecemasan, Relaksasi Otot Progresif

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit kronis dengan perawatan jangka panjang baik secara farmakologi maupun nonfarmakologi. Dukungan keluarga sangat diperlukan untuk meminimalkan dampak perawatan jangka panjang tersebut. Salah satu dampaknya adalah kecemasan baik pada penderita maupun pada keluarga yang merawat. Relaksasi otot progresif merupakan salah satu penatalaksanaan nonfarmakologi untuk menurunkan kecemasan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam memberikan dukungan kepada penderita hipertensi serta menurunkan tingkat kecemasan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pemberian pendidikan kesehatan melalui ceramah dan demonstrasi relaksasi otot progresif. Media yang digunakan adalah lembar balik. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan dan penurunan tingkat kecemasan yang dikaji dengan kuesioner HARS. Edukasi melalui ceramah dan demonstrasi relaksasi otot progresif dapat dijadikan terapi tambahan nonfarmakologi untuk menurunkan kecemasan keluarga dengan hipertensi.

References

Aminah, S. (2022). Relaksasi Otot Progresif Dengan Metode Progresive Muscle Relaxation (Pmr) Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Penderita Hipertensi Di Desa Tegal Rejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Universitas Widya Husada Semarang.

Berliyanti, E. A., & Wardaningsih, S. (2023). Intervensi Terapi Relaksasi Otot Progresif Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Lansia. Diagnosa: Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Keperawatan, 1(2), 122–130.

Fauziah, A. N., Maesaroh, S., & Sulistyorini, E. (2017). Penggunaan Leaflet Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri. Gaster, 15(2), 204. Https://Doi.Org/10.30787/Gaster.V15i2.207

Halimah, S., Inayati, A., & Dewi, N. R. (2023). Penerapan Relaksasi Otot Progresif Terhadap Tingkat Stress Pada Pasien Hipertensi Di Ruang Jantung Rsud Jendral Ahmad Yani Kota Metro. Jurnal Cendikia Muda, 3(2), 300–306.

Jumilah, J., Jauhari, A. H., & Ridha, A. (2017). Efektifitas Media Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi (Studi Pada Siswa-Siswi Kelas V Sd Negeri Di Kelurahan Saigon). Jumantik (Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan), 1(02), 1–11.

Lubis, Z. S., Lubis, N. L., & Syahrial, E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs. 3(2252), 58–66.

Marbun, W. S., & Hutapea, L. M. N. (2022). Penyuluhan Kesehatan Pada Penderita Hipertensi Dewasa Terhadap Tingkat Pengetahuan Hipertensi. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(1), 89–99.

Margiyati, M., & Setiawan, A. (2023). Penerapan Terapi Relaksasi Otot Progresif Untuk Menurunkan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi Di Keluarga Wilayah Binaan Puskesmas Pegandan Semarang. Jurnal Fisioterapi Dan Ilmu Kesehatan Sisthana, 5(1), 27–33.

Nirnasari, M., Sari, K., Faddila, U., & Putri, M. E. (2022). Upaya Pencegahan Hipertensi Dengan Pendidikan Kesehatan Self Management Behaviour” Cerdik” Di Wilayah Pesisir Tanjung Duku Rw 1 Rt 4 Kelurahan Dompak Kepulauan Riau. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), 645–650.

Raziansyah, R., & Sayuti, M. (2022). Penerapan Relaksasi Otot Progresif Pada Pasien Hipertensi Yang Mengalami Kecemasan Di Puskesmas Martapura 2. Jurnal Ilmu Kesehatan Insan Sehat, 10(2), 93–99.

Downloads

Published

2023-06-22

How to Cite

Rusdianingseh, R., Khafid, M. ., Pane, R. V. ., Afiyah, R. K. ., Hatmanti, N. M. ., & Maimunah, S. . (2023). PENINGKATAN DUKUNGAN KELUARGA HIPERTENSI MELALUI PELATIHAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 4458–4462. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15138