PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ACADEMIC WRITING BAGI MAHASISWA TEKNIK UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI

Authors

  • Hannisa Haris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vitri Angraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15133

Keywords:

Pelatihan dan Pendampingan, Academic Writing.

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah sebuah kegiatan pelatihan dan pedampingan yang bertujuan untuk membantu dan mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam teknik penulisan akademis dengan menggunakan bahasa Inggris. Permasalahannya adalah tidak semua mahasiswa di lingkungan  Fakultas Teknik yang memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam penulisan akademis menggunakan bahasa Inggris yang baik. Mahasiswa masih memiliki kendala kompetensi dalam menulis akademis dengan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, pelatihan dan pedampingan Academic Writing perlu diberikan  kepada para mahasiswa Fakultas Teknik. Kegiatan pelatihan dan pendampingan tersebut dilaksanakan di lingkungan Fakultas Teknik Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan dilakukan oleh tim dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Hal ini didasarkan karena kebutuhan mahasiswa untuk mengikuti Program Fast Track 3 + 2 yang dilaksanakan  oleh Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai dan Ming Chi University of Technology, Taiwan.  Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pelatihan dan pendampingan Academic Writing  tersebut adalah metode intervensi, blended learning (tatap muka dan daring), eksplanatori (ceramah), drill, diskusi, tanya-jawab, dan pendampingan mahasiswa. Materi yang diberikan dalam pelatihan dan pendampingan Academic Writing  tersebut meliputi tata bahasa, struktur paragraph dan esai, serta cara membuat kutipan, summary, dan daftar pustaka. Hasil yang dicapai adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dalam teknik menulis akademis dengan menggunakan bahasa Inggris, mahasiswa mampu membuat kutipan, summary, dan daftar pustaka. Selain itu, pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dalam menulis bentuk karya tulis ilmiah dalam bahasa Inggris. Sehingga, pelatihan dan pendampingan tersebut berdampak positif bagi mahasiswa, khususnya dalam menyelesaikan tugas-tugas menulis menggunakan bahasa Inggris dan juga sebagai modal dalam menyusun tugas lainnya.

References

Djatmiko, I. W. (2018). Strategi Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi Bidang Pendidikan. UNY Press, 160 hlm.

Hakim, L. N. (2013). Ulasan Metodologi Kualitatif: Wawancara Terhadap Elit. Aspirasi, 4(2), 165–172. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/501

Handoko, H., & Waskito, W. (2018). Blended Learning: Konsep dan Penerapannya. In Blended Learning: Konsep dan Penerapannya (Vol. 5, Issue 2). https://doi.org/10.25077/car.64.60

Hardjomarsono, B. (2014). Pengertian, Ruang Lingkup Dan Studi Intervensi Sosial. Teori Dan Metode Intervensi Sosial, 1–65.

Helmanita, K., & Ag, M. (2016). JENIS-JENIS KARYA ILMIAH. 11140240000054.

Pratomo A.W, A. (2018). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Nizamia Learning Center 2018. Nizamia Learning Center, 1, undefined-110. www.nizamiacenter.com

Sitohang, J. (2017). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar ipa pada siswa sekolah dasar. Suara Guru?: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(4), 2–3.

Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 63–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.1384

Universitas Pendidikan Indonesia. (2020). Kumpulan metode pembelajaran/ pendampingan. 126.

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Haris, H., & Hardi, V. A. . (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN ACADEMIC WRITING BAGI MAHASISWA TEKNIK UNIVERSITAS PAHLAWAN TUANKU TAMBUSAI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5064–5068. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15133