PENINGKATAN LAYANAN MASYARAKAT KELURAHAN JIMBARAN MELALUI PELATIHAN SOSIAL MEDIA DAN PEMBUATAN SISTEM PERMOHONAN SURAT MENYURAT

Authors

  • I Nyoman Bagus Pramartha Institut Teknologi dan Bisnis Stikom
  • Wayan Widya Artana Institut Teknologi dan Bisnis Stikom
  • Ni Luh Ketut Deniari Institut Teknologi dan Bisnis Stikom
  • A.A. Raka Jayaningsih4 Institut Teknologi dan Bisnis Stikom

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15023

Keywords:

Jimbaran, Sosial_Media, Layanan Masyarakat, Pelatihan, Surat

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat sangat berpengaruh terhadap lembaga pelayanan masyarakat ditingkat kelurahan, yang saat ini telah melakukan peningkatan dalam hal pelayanan kepada masyarakat, termasuk salah satunya adalah pelayanan administratif dan pemberian informasi. Informasi dari pemerintah harus bisa segera tersampaikan kepada masyarakat mengingat akan adanya tenggat waktu dan masa di setiap informasi yang disampaikan. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat membutuhkan kesiapan yang baik dari petugas administrasi kelurahan, mulai dari menyiapkan berkas, pencatatan hingga pelaporan. Demikian pula halnya dalam penyampaian informasi baik terkait program pemerintah maupun laporan kegiatan warga. Hasil wawancara dengan Lurah Kelurahan Jimbaran    Bapak I wayan Kardiyasa ada beberapa masalah yang dihadapi pada lurah Jimbarann, Masalah pertama petugas di Kelurahan Jimbaran mash minim pengetahuan mengenai sosial media khususnya intsagram dan pengurusan surat menyurat di Kelurahan Jimbaran masih membutuhkan waktu yang lama. Solusi yang ditawarkan kepada kelurahan Jimbaran adalah dengan memberikan pelatihan sosial media dan membuatkan sebuah sistem surat menyurat.  Hasil pengukuran ketercapaian target kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa persentase ketercapaian penguasaan Sosial Media berbasis digital sebelum pelatihan adalah sebesar 30% dan terjadi peningkatan sebesar 70% setelah kegiatan berlangsung menjadi 100% peserta pelatihan mampu  membuat konten sosial media.

References

Fahmi, W. N. R. and Kristiana, T. (2021) ‘PERANCANGAN APLIKASI SISTEM SURAT MENYURAT RUKUN WARGA RW 06 PESANGGRAHAN BERBASIS WEB’, Reputasi: Jurnal Rekayasa Perangkat Lunak, 2(2). doi: 10.31294/reputasi.v2i2.859.

Imron, M. S. and Nurdian, Y. (2021) ‘Digitalisasi pemasaran keripik tempe dalam menghadapi persaingan dagang selama pandemi Covid-19’, Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 17(1). doi: 10.20414/transformasi.v17i1.3129.

Ivena Dwi Novita Brilianni Solehatin, Arif Hadi Sumitro and Sony Panca Budiarto (2022) ‘APLIKASI SURAT MENYURAT DI SMK GAJAH MADA BANYUWANGI BERBASIS WEBSITE’, Jikom: Jurnal Informatika dan Komputer, 11(2). doi: 10.55794/jikom.v11i2.54.

Luthfi, M. and Sariningsih, E. (2021) ‘PELATIHAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN’, JAPMA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT PRODI AKUNTANSI, 1(1).

Mayasari, M. S. et al. (2020) ‘OPTIMALISASI APLIKASI SURAT MENYURAT PADA PT. BPR SENTRAL MITRA SEJAHTERA (SMS) SUNGAILIAT’, Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 11(1). doi: 10.24176/simet.v11i1.3874.

Permatasari1, M. P. and Endriastuti, A. (2020) ‘PELATIHAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMASARAN BAGI UMKM DI KECAMATAN KEDUNGPRING, KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR’, Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 4(1). doi: 10.20473/jlm.v4i1.2020.91-99.

Pranoto, P., Jasmani, J. and Marayasa, I. N. (2019) ‘PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PEREKONOMIAN ANGGOTA KARANG TARUNA AL BARKAH DI KAMPUNG CICAYUR - TANGERANG’, Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2). doi: 10.32493/j.pdl.v1i2.2425.

Pratama, F. and Robiyanto, R. (2020) ‘Aplikasi Pengarsipan Surat Menyurat dan Disposisi Menggunakan Codeigniter pada SMP Negeri 1 Ciwaru’, Jurnal Fakultas Teknik, 1(1).

Ramadhani, S., Hermawanto, F. and Mariani, A. (2019) ‘Aplikasi Pelayanan Surat Menyurat Desa Tanah Putih Berbasis Web’, Jurnal Teknologi Informasi Indonesia (JTII), 3(2). doi: 10.30869/jtii.v3i2.265.

Sa’diyah, S. S. (2019) ‘Budaya Penggemar di Era Digital’, JURNAL ILMU KOMUNIKASI. doi: 10.33005/jkom.v2i1.34.

Santiari, N. P. L. and Rahayuda, I. G. S. (2022) ‘PENINGKATAN PEMASARAN HASIL PRODUKSI MELALUI PELATIHAN INTERNET DAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM’, RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). doi: 10.46576/rjpkm.v3i1.1579.

Setyanta, B. (2022) ‘Pelatihan Pemasaran Media Sosial di Kelompok UMKM Karangwaru Tegalrejo Yogyakarta’, Society?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). doi: 10.55824/jpm.v1i1.7.

Tama, M. A. D. (2020) ‘Aplikasi Surat Menyurat Arsip Pada Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Selatan Berbasis Website’, Laporan Projek Akhir, 21(1).

Downloads

Published

2023-06-19 — Updated on 2023-06-19

How to Cite

Pramartha, I. N. B., Artana, W. W. ., Deniari, N. L. K. ., & Jayaningsih4, A. R. . (2023). PENINGKATAN LAYANAN MASYARAKAT KELURAHAN JIMBARAN MELALUI PELATIHAN SOSIAL MEDIA DAN PEMBUATAN SISTEM PERMOHONAN SURAT MENYURAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3063–3069. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15023