KEPUASAN PESERTA PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA/FISIKA

Authors

  • Novika Lestari STKIP Melawi
  • Rindah Permatasari STKIP Melawi
  • Erlin Eveline STKIP Melawi
  • Eko Fery Haryadi S STKIP Melawi
  • Nurul Apsari STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15017

Keywords:

Evaluasi Program, Kurikulum Merdeka, Pelatihan, Fisika

Abstract

Kurikulum merdeka adalah bentuk kurikulum pembelajaran intrakulikuler yang beragam dengan konten lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu dalam memahami konsep dan menguatkan kompetensi. Penerapan kurikulum merdeka pada jenjang SMP/SMA di Kabupaten Melawi masih terbatas pada beberapa sekolah penggerak. Akibatnya, masih banyak pendidik/guru di Kabupaten Melawi belum mengetahui penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran. Padahal, rencana penerapan kurikulum merdeka akan dilaksanakan serentak di seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Melawi. Metode pelaksanaan PKM adalah pendidikan masyarakat pada kelompok tidak produktif secara ekonomi, Peserta PKM adalah guru-guru MGMP Fisika dan IPA yang ada di Kabupaten Melawi. Pelaksanaan PKM dilaksanakan di Zoom Meeting yang diikuti oleh 67 peserta. Hasil kegiatan menunjukan bahwa kepuasan peserta kegiatan pelatihan implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPA/Fisika adalah baik. Namun, masih ada beberapa yang perlu diperhatikan diantaranya kesiapan fasilitas kegiatan. Hal lain yang perlu dilakukan pada kegiatan selanjutnya adalah pendampingan penyusunan instrumen yang digunakan pada proses implementasi kurikulum merdeka secara langsung dan terbimbing.

References

Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1–13. http://journal2.um.ac.id/index.php/JPN/article/view/3003

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, K. P. K. R. dan T. R. I. (2022). Pembelajaran dan Asesmen.

Bungawati, B. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. JURNAL PENDIDIKAN, 31(3), 381–388. https://doi.org/10.32585/JP.V31I3.2847

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF?: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Kurikulum Merdeka Belajar Yunita, I., Zainuri, A., Zulfi, A., Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada Palembang, S., & Selatan, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jambura Journal of Educational Management, 4, 16–25. https://doi.org/10.37411/JJEM.V4I1.2122

Marisa, M. (2021). INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0. Santhet?: Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2

Mila Amalia. (2022). Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. Prosiding.Unipma.Ac.Id, 1–6. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2299

Nikmah, C., Pahlevi, T., Puspasari, D., Puspasari, D., & Susilowibowo, J. (2018). Pendampingan pembuatan bahan ajar berbasis kurikulum 2013 bagi guru administrasi perkantoran. Journal.Unj.Ac.Id, 2(1). https://doi.org/10.21009/JPMM.002.1.07

Durinda Puspasari, Lifa F Panduwinata, Siti Sri Wulandari, & Triesninda Pahlevi. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar interaktif guru-guru di SMK tunas wijaya surabaya. Journal.Unesa.Ac.Id, 3(1). https://journal.unesa.ac.id/index.php/abimanyu/article/view/15382

Rahayu, R. (Restu), Rosita, R. (Rita), Rahayuningsih, Y. S. (Yayu), Hernawan, A. H. (Asep), & Prihantini, P. (Prihantini). (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3237

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id, 4(2). http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9154

Sumber, P., Perdesaan, D., Lokal, K., Xi, B., Sosial, R., Pedesaan, P., Masyarakat, P., & Melvil, K. A. (n.d.). Politik Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca COVID-19 di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal.Lppm.Unsoed.Ac.Id. Retrieved May 22, 2023, from http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/2657

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Lestari, N., Permatasari, R. ., Eveline, E. ., S, E. F. H. ., & Apsari, N. . (2023). KEPUASAN PESERTA PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPA/FISIKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3903–3908. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.15017