PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMUR DAN DIGITALISASI LAPORAN ADMINISTRASI KEUANGAN PETANI JAMUR TIRAM

Authors

  • Agus Suryanto Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Smita Catur Sudyantara Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Sunarso Sunarso Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Rahmad Kurniawan Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Amrih Yuwono Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Anton Subagyo Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo
  • Hani Nur Triasti Universitas Merdeka Malang PDKU Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14974

Keywords:

Pengembangan Budidaya Jamur, Digitalisasi Laporan Keuangan

Abstract

Potensi budidaya jamur tiram masih cukup besar dalam menghasilkan berbagai produk baik yang mentah dan olahan yang dapat dijual ke masyarakat. Produk tersebut memiliki pangsa pasar yang terbuka luas karena meningkatnya minat kosumen terhadap manfaat yang dikandung. Salain itu juga bernilai ekonomi maka membuat banyak orang terlibat dalam membuat usaha budidaya jamur. Salah satunya adalah Jagorani pelaku usaha jamur di Kabupaten Pacitan yang menjalankan usaha budidaya jamur dan menjual produk olahan jamur. Menjalankan usaha jamur pada dasarnya membutuhkan banyak dukungan dari berbagai pihak untuk meningkatkan wawasan sehingga berpengaruh terhadp kualitas produk. Selain itu juga dalam mengelola keuangan yang belum memanfaatkan teknologi seperti aplikasi keuangan karena masih manual sehingga terkadang lupa transaksi usaha yang telah dilakukan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung dan memberikan penguatan melalui pelatihan sehingga meningkatkan pengetahuan dan kemauan memanfaatkan teknologi seperti aplikasi keuangan yang dapat membantu melakukan pembukuan keuangan usaha.

References

Agustin, H., Azwirman, A., Indrastuti, S. S., & Wahyuningsih, E. (2022). Pelatihan Manajemen Keuangan dan Pelaporan Keuangan pada UMKM Rumah Jamur “NANDO.” Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(6), 822–828.

Anah, L., Mahfudiyanto, M., Ningsih, L. S. R., Laili, C. N., & Irawati, W. (2023). Transformasi Bisnis Digital UMKM Jamur Tiram Sebagai Solusi Pemulihan Usaha Pasca Pandemic Covid-19. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 3(2), 271–276.

Nailufaroh, L., Pitasari, D. N., & Suprihatin, N. S. (2022). Peningkatan Produktivitas Budi Daya Jamur dan Pengeloaan Keuangan pada Kelompok Tani Jamur Lestari Desa Batok Bali-Provinsi Banten.

Triono, E. (2020). Budidaya Jamur Tiram dan Pengolahannya Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif Desa Kaulon (Vol. 3, Issue 2).

Downloads

Published

2023-06-06

How to Cite

Suryanto, A. ., Sudyantara, S. C. ., Sunarso, S., Kurniawan, R. ., Yuwono, A. ., Subagyo, A. ., & Triasti, H. N. . (2023). PENGEMBANGAN BUDIDAYA JAMUR DAN DIGITALISASI LAPORAN ADMINISTRASI KEUANGAN PETANI JAMUR TIRAM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3508–3512. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14974