PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CILENGKRANG

Authors

  • Irma Yulita Silviany Universitas Islam Bandung
  • Heru Pratikno Universitas Islam Bandung
  • Asri Nuranisa Dewi Universitas Islam Bandung
  • M. Amidan As Syakir Universitas Islam Bandung
  • Siti Albab Mardiyah Huwaida Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14931

Keywords:

Gerakan Literasi, Media Pembelajaran, Literasi Sekolah Dasar

Abstract

Roger Farr (1984, dalam Suragangga, 2017) menyatakan literasi merupakan jantungnya pendidikan karena dalam literasi bukan melulu tentang membaca, namun bagaimana siswa mampu menguasai literasi dasar, seperti literasi numerasi, IPA, TIK, finansial, budaya dan bermasyarakat. Literasi sebagai tahapan awal untuk menguasai semua hal tersebut dan dapat mengikuti perkembangan zaman dengan baik. Pembelajaran di sekolah harus mendukung budaya dan minat literasi siswa untuk meningkatkan kecapakan literasi dan tercapainya Indonesia yang maju melalui Gerakan Literasi. Guru menjadi tonggak utama demi tercapainya tujuan tersebut dengan menumbuhkan dan membentuk minat literasi siswa. Melalui pengabdian ini, guru diberikan strategi-strategi untuk meningkatkan minat literasi siswa, cara memasukkan gerakan literasi dalam pembelajaran di kelas, dan melatih guru-guru untuk dapat membuat bahan ajar yang dapat meningkatkan minat literasi siswa. Guru juga diberikan pelatihan mengenai membuat berbagai media pembelajaran yang menarik berbasis digital yang dapat menunjang keberhasilan Gerakan Literasi siswa. Pendekatan yang digunakan dalam program ini adalah ceramah, Latihan hingga praktik. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan secara offline dan online dalam rentang bulan Januari s.d. Maret 2023 dan diikuti oleh peserta sebanyak 36 guru. Adapun hasil bagi para peserta pelatihan, yakni dapat memahami Gerakan Literasi yang benar untuk diterapkan dalam media pembelajaran, peserta dapat menyusun media pembelajaran berbasis digital yang dapat membuat minat literasi siswa meningkat.

References

Antasari, I.W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Jurnal Libria IAIN Purwokerto, 9(1), 13-26.

Huda, F. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca dan Siswa Menulis Sekolah Dasar. Jurnal JPSD STKIP Sebelas April Sumedang, 3(1), 42–52.

Kasiun, S. (2015). Upaya Meningkatkan Minat Baca sebagai Sarana untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Pena Indonesia (JPI), 1(1), 79–95.

Kementerian Pendidikan Republik Indonesia (2015). Permendikbud Nomor 23. Jakarta: Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Krsity, R.D., Hayatin, N., Wahyuni, E.D. (2019). Peningkatan Literasi Untuk Guru Dan Siswa Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Ensiklopedia Anak. Jurnal Perempuan dan Anak (JPA), 2(1), 47-54.

Suranggana, I.M.N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu 3(2).

Suyono, Hariati, T., Wulandari I.S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116-123.

Wagner, R.K., Muse, A.E., Tannenbaum, K.R. (2007). Vocabulary Acquisition: Implications for Reading Comprehension. New York, NY: Guildford Press.

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Silviany, I. Y. ., Pratikno, H. ., Dewi, A. N. ., Syakir, M. A. A. ., & Huwaida, S. A. M. . (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN LITERASI DALAM PEMBELAJARAN BAGI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN CILENGKRANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3177–3182. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14931