PENERAPAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG STATEGI PROMOSI UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL

Authors

  • Teguh Setiadi Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
  • Laksamana Rajendra Universitas Sains dan Teknologi Komputer Semarang
  • Susanti Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14891

Keywords:

Konten Digital, Promosi Digital, Media Sosial, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat diawali dari unsur permasalahan melalui empat tahapan dalam kegiatan utama yang dilakukan para pelaku UMKM di Kecamatan Weleri Kendal. Kegiatan pertama implementasi dari promosi tentang video yang kreatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, maka dengan menerapkan metode yang dapat digunakan untuk mendapatkan atribut dan ide desain konten digital dengan memberikan pelatihan dasar video yang kreatif untuk penunjang promosi berkelanjutan. Kegiatan kedua adalah praktek langsung membuat promosi iklan digital menggunakan smartphone untuk melatih beriklan di media sosial. Kegiatan ketiga adalah pelatihan memotret dan membuat video iklan produk yang gunanya menciptakan promosi yang kreatif. Kegiatan keempat melatih dan pendampingan membuat poster dalam bentuk digital yang dapat digunakan sebagai media iklan digital. Hasil akhir dari pelatihan promosi digital UMKM ini karena mereka telah mampu mengaplikasikan promosi secara online dengan media sosial yang menjadi kebutuhannya. Tolak ukurnya adalah tingkat kehadiran para anggota pelaku UMKM Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal pada saat pelatihan mencapai kisaran angka 95% - 100% dapat mengimplementasikan produk dengan digital UMKM dengan media sosial.

References

Ilhami, S. D., & Setiadi, T. (2022). Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 5(2), 202-210.

Ilhami, S. D., & Kusumasari, F. C. (2022). Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Produksi Tape Ketan Putih. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 1026-1033.

F. P. Vera, D. H. Deddi, S. Merry, (2019).“Perancangan Rebranding UMKM Reza”, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra Vol 1, No 14

M. Moh,(2019) “Perancangan Media Promosi Produk Unggulan UKM Kendal Berbasis Web dengan Metode R&D”, Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, Vol.12, No.2, pp. 13 - 20

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan daya saing UMKM di era new normal melalui strategi pembuatan konten promosi digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62-70.

Febriana, K. A., Setyowati, R. M., & Indainanto, Y. I. (2022). Peningkatan Keterampilan Penggunaan Whatsapp Business Sebagai Marketing Komunikasi Digital Dalam Meningkatkan Usaha Sentra Industri Tas Di Desa Truko, Kabupaten Kendal. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1235-1242.

Mavilinda, H. F., Nazaruddin, A., Daud, I., & Siregar, M. I. (2021). Peningkatan daya saing UMKM di era new normal melalui strategi pembuatan konten promosi digital. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 5(2), 62-70.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Setiadi, T. ., Rajendra, L., & Ilhami, S. D. (2023). PENERAPAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG STATEGI PROMOSI UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3837–3842. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14891

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.