PERAN MATAKULIAH MODUL NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA

Authors

  • Handayani Purba Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Leni Marlina Lase Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Septa Harapan Jaya Gulo Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Parlindungan Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14868

Keywords:

Modul Nusantara, Toleransi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Kegiatan modul nusantara yang merupakan matakuliah wajib selama mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka, di dalam kegiatannya tedapat 4 kategori kegiatan yang harus dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan pemahaman komprehensif dan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara berperan dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa inbound pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Negeri Semarang tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa inbound.

References

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Dalam Implementasi Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 382. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i3.282

Syafei, I. (2018). Hakikat Manusia Menurut Islam. Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi, 743–755. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2132

Wulandari, A. ., Setioko, B. ., & Suprapti. (2016). Pengaruh Sosial Budaya Islami Terhadap Tatanan Permukiman Kampung Arab Sugihwaras. 37(1), 7–16.

A Manalu, ISA Laia, B Giawa, S Giawa, A Zalukhu (2022) Program Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Penangganan Learning Loss Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 3 Lolowau - Jurnal Abdimas Mutiara, 2022

Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2974–2984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Purba, H., Lase, L. M. ., Gulo, S. H. J. ., & Sitorus, P. . (2023). PERAN MATAKULIAH MODUL NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2983–2986. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14868