PERAN MATAKULIAH MODUL NUSANTARA DALAM MENINGKATKAN RASA CINTA TANAH AIR PADA PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14868Keywords:
Modul Nusantara, Toleransi, Pertukaran Mahasiswa MerdekaAbstract
Kegiatan modul nusantara yang merupakan matakuliah wajib selama mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka, di dalam kegiatannya tedapat 4 kategori kegiatan yang harus dilaksanakan bertujuan untuk menciptakan pemahaman komprehensif dan bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan Nusantara dari berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mata Kuliah Modul Nusantara berperan dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa inbound pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Universitas Negeri Semarang tahun 2022. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mata kuliah Modul Nusantara memiliki peran dalam peningkatan sikap toleransi budaya mahasiswa inbound.References
Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Dalam Implementasi Karakter Toleransi Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 382. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jk.V6i3.282
Syafei, I. (2018). Hakikat Manusia Menurut Islam. Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi, 743–755. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.2132
Wulandari, A. ., Setioko, B. ., & Suprapti. (2016). Pengaruh Sosial Budaya Islami Terhadap Tatanan Permukiman Kampung Arab Sugihwaras. 37(1), 7–16.
A Manalu, ISA Laia, B Giawa, S Giawa, A Zalukhu (2022) Program Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Penangganan Learning Loss Selama Pembelajaran Daring Di SMP Negeri 3 Lolowau - Jurnal Abdimas Mutiara, 2022
Yuliana, Y., Lusiana, F., Ramadhanyaty, D., Rahmawati, A., & Anwar, R. N. (2022). Penguatan Moderasi Beragama pada Anak Usia Dini sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2974–2984. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1572
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Handayani Purba, Leni Marlina Lase, Septa Harapan Jaya Gulo, Parlindungan Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.