PELATIHAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI DI SMP NEGERI MAUBELI

Authors

  • Rika Handayani Universitas Timor
  • Fitriani Fitriani Universitas Timor
  • Zulkaidah Nur Ahzan Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14864

Keywords:

Literasi, Numerasi, Matematika, Pelatihan

Abstract

Menurut hasil PIRLS dan PISA tahun 2019 kemampuan literasi numerasi siswa masih sangat rendah. Begitu juga berdasarkan wawancara kepada guru kelas di SMP Negeri Maubeli bahwa masih rendahnya kemampuan awal siswa terkait literasi numerasi matematika tersebut berdasarkan nilai AKM yang diperoleh siswa tahun 2022. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri Maubeli kelas VII. Adapun tujuan pengadian ini adalah agar siswa terbiasa dan termotivasi dalam belajar terkait soal matematika berbasis literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan terkait pengerjaan soal matematika berbasis literasi numersi. Pengabdian dilaksanakan selama 2 hari dan siswa diberikan pelatihan pengerjaan soal-soal matematika berbasis literasi numerasi sebanyak 20 soal. Kegiatan  ini berlangsung  dengan tertib,  terlihat  antusias  anak-anak  dengan  metode  pembelajaran  yang  inovatif  dan menyenangkan sehingga tidak membuat anak-anak cepat bosan dalam kegiatan pelatihan. Berdasarkan angket respon siswa dapat dinyatakan bahwa siswa sangat senang dan termotivasi selama mengikuti pelatihan.

References

Brown, A., & Wilson, M. (2018). The Significance of Mathematics in Various Disciplines. Journal of Applied Mathematics, 35(4), 112–130. https://doi.org/10.9876/12345678

Costa. (2014). Choosing The Right Asessment Method Pre- Test/ Post- Test Evaluation. Boston University.

Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541

Fauzan, G., & Aripin, U. (2022). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24.

Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, 86–94.

Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631

Johnson, S., & Williams, L. (2020). The Role of Mathematics in Everyday Life. Journal of Mathematical Applications, 15(3), 78–95. https://doi.org/10.2468/12345678

Lamada, et. al. (2019). Herawati: Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar [1]. Jurnal MEKOM (Media …, 1–6. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000

Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.

Purwanto, N. (2009). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda Karya.

Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Puspaningtyas, U. (2020). Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.

Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Handayani, R. ., Fitriani, F., & Ahzan, Z. N. . (2023). PELATIHAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI DI SMP NEGERI MAUBELI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3877–3882. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14864