PELATIHAN SOAL MATEMATIKA BERBASIS LITERASI NUMERASI DI SMP NEGERI MAUBELI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14864Keywords:
Literasi, Numerasi, Matematika, PelatihanAbstract
Menurut hasil PIRLS dan PISA tahun 2019 kemampuan literasi numerasi siswa masih sangat rendah. Begitu juga berdasarkan wawancara kepada guru kelas di SMP Negeri Maubeli bahwa masih rendahnya kemampuan awal siswa terkait literasi numerasi matematika tersebut berdasarkan nilai AKM yang diperoleh siswa tahun 2022. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMP Negeri Maubeli kelas VII. Adapun tujuan pengadian ini adalah agar siswa terbiasa dan termotivasi dalam belajar terkait soal matematika berbasis literasi numerasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah dengan melakukan pelatihan dan pendampingan terkait pengerjaan soal matematika berbasis literasi numersi. Pengabdian dilaksanakan selama 2 hari dan siswa diberikan pelatihan pengerjaan soal-soal matematika berbasis literasi numerasi sebanyak 20 soal. Kegiatan ini berlangsung dengan tertib, terlihat antusias anak-anak dengan metode pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan sehingga tidak membuat anak-anak cepat bosan dalam kegiatan pelatihan. Berdasarkan angket respon siswa dapat dinyatakan bahwa siswa sangat senang dan termotivasi selama mengikuti pelatihan.References
Brown, A., & Wilson, M. (2018). The Significance of Mathematics in Various Disciplines. Journal of Applied Mathematics, 35(4), 112–130. https://doi.org/10.9876/12345678
Costa. (2014). Choosing The Right Asessment Method Pre- Test/ Post- Test Evaluation. Boston University.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal)?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
Fauzan, G., & Aripin, U. (2022). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24.
Feriyanto, F. (2022). Strategi Penguatan Literasi Numerasi Matematika Bagi Peserta Didik Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gammath, September, 86–94.
Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631
Johnson, S., & Williams, L. (2020). The Role of Mathematics in Everyday Life. Journal of Mathematical Applications, 15(3), 78–95. https://doi.org/10.2468/12345678
Lamada, et. al. (2019). Herawati: Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makassar [1]. Jurnal MEKOM (Media …, 1–6. https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000
Mansur, N. (2018). Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144.
Purwanto, N. (2009). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Rosda Karya.
Pusmenjar. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Puspaningtyas, U. (2020). Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpmmp. J. Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 4(1), 113–121.
Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rika Handayani, Fitriani Fitriani, Zulkaidah Nur Ahzan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.