PENYULUHAN DAN SOSIALISASI TANAMAN PERTANIAN BAGI MASYARAKAT PETANI DI KELURAHAN POYOWA KECIL KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA

Authors

  • Robby D.J Rempas Universitas Dumoga Kotamobagu
  • Hardiana Paputungan Universitas Dumoga Kotamobagu
  • Tara Manoppo Universitas Dumoga Kotamobagu
  • Salfingki Dosa Universitas Dumoga Kotamobagu
  • Karin Tontoigon Universitas Dumoga Kotamobagu

Keywords:

Penyuluhan, Tanaman Pertanian, Perilaku Petani, Peningkatan Produksi

Abstract

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mempercepat proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan. Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi yang dilakukan di desa poyowa kecil bertujuan dapat merubah prilaku, ketrampilan dan sikapnya, agar petani dapat menerima gagasan baru, mengubah petani yang tradisional menjadi petani yang modern serta dinamis.  Kegiatan ini menggunakan metode penyuluhan dua arah secara interaktif dengan memadukan pendalaman teknis pengalaman lapangan dan input teknologi baru pertanian. Hasil yang didapatkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yakni terjadi perubahan perilaku cara bertani dengan benar dengan menerapkan konsep-konsep teknologi agar produksi pertanian masyarakat meningkat.  Demikian pula petani dapat menerapkan pola usaha tani yang ramah lingkungan dengan menggunakan pupuk dan pestisida organic yang ramah lingkungan. Dari kegiatan ini petani didapatkan suatu rekomendasi antara lain, petani dapat menetapkan suatu metode atau kombinasi beberapa metode yang tepat dan berhasil guna, selanjutnya menimbulkan perubahan yang dikehendaki yaitu perubahan perilaku petani dan masyarakat.

References

Abdul Azis, 2016. Mari Mengenal Unsur Hara Penting Dalam Tanah. Http://Hadlitbang.Pertanian-Ac.Id/Reseources/Artkelsurvey-Dan-Evaluasi Lahan/. Diakses : 20 Maret 2023.

Ashari, S. 1995. Hortikultura Aspek Budidaya. UI Press Jakarta

Pangaribiuan, Kusmiadi, Harjati, 2012. Pengantar Ilmu Pertanian. Penerbit Universitas Terbuka. 2012

Sri Setyadi Haryadi, 1993. Pengantar Agronomi. Jakarta : PT. Gramedia

Nassarudin dan Rosmawati, 2011. Pengaruh Pupuk Organik Cair (POC) Hasil Fermentasi Daun Gamal, Batang Pisang dan Sabut Kelapa Terhadap Pertumbuhan Bibit Kakao. Agrisistem 7 : 29-37.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Rempas, R. D. ., Paputungan, H. ., Manoppo, T. ., Dosa, S. ., & Tontoigon, K. (2023). PENYULUHAN DAN SOSIALISASI TANAMAN PERTANIAN BAGI MASYARAKAT PETANI DI KELURAHAN POYOWA KECIL KOTA KOTAMOBAGU SULAWESI UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2835–2838. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14849