PELATIHAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14841Keywords:
Pelatihan, Lingkungan, Sumber belajar.Abstract
Perlunya kesadaran guru dalam memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar sehingga guru dapat menciptakan lingkungan sebagai media dan sumber belajar. Dosen Program studi PGSD malakukan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bermitra dengan SD Negeri 1 dan SD Ngeri 7 Kecamatan Banyuasin 1. Tujuannya untuk memberikan pelatihan pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar kepada guru dan siswa serta mengaplikasikan dalam kegiatan pembelajran. Metode yang digunakan yaitu wokshop langsung. Hasil kegiatan pelatihan ini dirasakan sangat bermanfaat bagi guru, guru mendapatkan pengalaman baru dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah sebagai sumber belajar sehingga guru tidak perlu repot membuat media yang membutuhkan biaya mahal. Berdasarkan hasil angket yang diberikan kepada perserta didapat hasil 87% guru merasakan manfaat dari pelatihan lingkungan sebagai sumber belajar. Serta Sebanyak 85% peserta dapat mengimplementasikan langsung dalam pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan terdekat sebagai sumber pembelajaran.References
Anindita, N., & Sidabutar, M. (2020). Pemanfaataan lingkungan berbasis alam sebagai sumber belajar kelas V di SD 1 Trirenggo Bantul. Epistema, 1(1). https://doi.org/10.21831/ep.v1i1.32055
Irwandi, I., & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED?: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859
Khanifah, S., Pukan, K. K., Sukaesih, S., & Biologi, J. (2012). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Unnes Journal of Biology EducationJ.Biol.Educ. Unnes Journal of Biology Education, 1(11).
Manakane, S. E. (2011). Environment As A Source Of Learning In Development Concept Spatial Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Dalam Pengembangan Konsep Keruangan (Vol. 11, Issue 2).
Muliyono, N. M. (2018). Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia. Alfabeta: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 1(1). https://doi.org/10.33503/alfabeta.v1i1.217
Nurhasanah, A., Pribadi, R. A., & Sukriah, S. (2022). Memanfaatkan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Telaah, 7(1).
Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Mim Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. JENIUS (Journal of Education Policy and Elementary Education Issues), 1(1). https://doi.org/10.22515/jenius.v1i1.3025
Shalehah, S., & Salamah, S. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Kebersihan Lingkungan Oleh Guru Di MI Hayatuddiniyah Jambu Burung Kecamatan Benruntung Baru Kabupaten Banjar. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Ilmiah, VII, 145–166.
Ulum, I. ’. (n.d.). (2014) Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org 10.21831/jpa.v3i2.11707
Wulandari, F. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2). https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sylvia Lara Syaflin, Puji Ayurachmawati, Sunedi Sunedi, Adrianus Dedy, Moh. Reza Ifnuari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.