PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KULINER KHAS SULAWESI SELATAN DALAM BAHASA PERANCIS UNTUK MENDUKUNG DAYA SAING PARIWISATA BERBASIS IDENTITAS

Authors

  • Muhammad Hasyim Universitas Hasanuddin
  • Prasuri Kuswarini Universitas Hasanuddin
  • Masdiana Masdiana Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14819

Keywords:

Sop Konro, Perancangan Video Promosi, Kuliner Khas Sulawesi Selatan, Pariwisata, Wisatawan Asing

Abstract

Pemerintah RI telah menetapkan program “Makin Indonesia 4.0”, sebagai sebuah roadmap  yang terintegrasi untuk mengimplementasikan sejumlah strategi dalam memasuki era Industry 4. Bidang pariwisata, salah satu program Makin Indonesia 4.0 telah dirancang berbagai kegiatan strategis, misalnya kegiatan promosi dalam meningkatkan daya saing. Salah satu kegiatan promosi bidang pariwisata adalah kuliner khas daerah di Indonesia. Kekhasan kuliner nusantara menjadi daya tarik wisatawan sehingga wisatawan ingin tahu dan mencoba kuliner khas daerah. Tujuan program pengabdian kepada masyarakat ini adalah percangan video promosi kuliner khas Sulawesi Selatan dalam Bahasa Perancis untuk mendukung daya saing pariwisata berbasis identitas. Perancangan video kuliner dalam bahasa  Perancis merupakan media promosi wisata kuliner berbasis video yang ditujukan kepada wisatawan asing, khususnya wisatawan yang berbahasa Perancis. Metode pelaksanaan perancangan video kuliner dilakukan dengan melibatkan Mitra Himpunan Pramuwisata Indonesia Sulawesi Selatan sebagai nara sumber. Peran mitra HPI Sulawesi Selatan memberikan masukan dalam penyusunan video promosi kuliner.  Metode pelaksanaan kegiatan PKM adalah metode survei lapangan dengan pengambilan gambar video kuliner dan diskusi dengan HPI dalam perancangan video kuliner khas Sulawesi Selatan. Kuliner yang akan menjadi contoh perancangan video promosi adalah Sop Konro, salah satu masakan khas Sulawesi Selatan yang paling digemari wisatawan. Hasil perancangan video kuliner khasa Sulawesi Selatan nantinya akan menjadi media promosi melalui aplikasi Youtube yang dapat diakses oleh wisatawan mancanegara.

References

A Taufiq Arifin, A. Taufiq. (2022). Data Jumlah Pengguna Youtube Di Indonesia. Https://Mindset.Viva.Co.Id/Teknologi/24-Data-Jumlah-Pengguna-Youtube-Di-Indonesia

Kementerian Perindustian RI. (2018). Making Indonesia 4.0. Jakarta, Kementerian Perindustrian RI.

De Jong, Anna & Varley, Peter. 2017. Food Tourism Policy: Deconstructing Boundaries Of Taste And Class. Tourism Management, 60, 212-222.

Ellis, Ashleigh, Park, Eerang, Kim, Sangkyum, & Yeoman, Ian. (2018). What Is Food Tourism? Tourism Management, 68, 250-263.

Hall, C.M. And Sharples, Liz. (2009). The Consumption Of Experiences Or The Experience Of Consumption? An Introduction To The Tourism Of Taste. In Food Tourism Around The World Development, Management And Markets. P.1-24.

Nugroho, Fajar. (2007). Cara Pinter Bikin Film Dokumenter. Yogyakarta: Percetakan Galangpress.

Suyanto, F. A. & Saridew, D.A.L. (2021). Video Atraktif Sebagai Media Promosi Pariwisata Aman Dan Nyaman Di Tengah Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Desain, Volume 1.

Tsai, Chen-Tsang (Simon), & Wang, Yao-Ching. 2017.Experiential Value In Branding Food Tourism. Journal Of Destination Marketing & Management, 6, (1), 56-65.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Hasyim, M., Kuswarini, P. ., & Masdiana, M. (2023). PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KULINER KHAS SULAWESI SELATAN DALAM BAHASA PERANCIS UNTUK MENDUKUNG DAYA SAING PARIWISATA BERBASIS IDENTITAS . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2951–2958. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14819