PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DESA PATTENETEANG

Authors

  • Vivit Rosmayanti Universitas Megarezky
  • Sukmawati Sukmawati Universitas Megarezky
  • Andi Meinar Dwi Rantisari Thayeb Universitas Megarezky
  • Muliaty Ibrahim Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14809

Keywords:

Pembelajaran Bahasa Inggris, Anak-Anak

Abstract

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional secara tidak langsung menjadi kebutuhan bagi siswa sekolah atau santri. Selain masuk dalam salah satu  mapel ujian nasional , kemampuan bahasa inggris yg baik juga menjadi salah satu nilai lebih bagi siswa didik, baik bagi mereka yang ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi maupun bagi mereka yang ingin bersaing di dunia kerja tak terkecuali santri di TPA Desa Patteneteang yg umumnya masih menempuh pendidikan di Sekolah Dasar. Kegiatan Pengabdian ini bertuajuan untuk memberikan pengayaan pengetahuan bahasa Inggris dasar bagi santri di Taman Pendidikan Alqur’an desa Patteneteang.  Subjek penelitian terdiri dari 30 Santri dan santriwati yang terdaftar di Taman Pendidikan Alqur’an tersebut.  Kegiatan pengabdian ini terdiri dari tiga tahap yakni tahap Persiapan kegiatan, Pelaksanaan kegiatan, dan Evaluasi kegiatan. Untuk mengukur ketercapaian tujuan kegiatan pengabdian dilakukan observasi dan wawancara terhadap para santri dan pengajar. Hasil analisis data wawancara menunjukkan bahwa para santri di TPA desa Patteneteang sangat antusias dan senang mengikuti pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pengajaran bahasa Inggris pada anak-anak, khususnya anak-anak usia Sekolah Dasar.

References

Anzai, Y., & Simon, H. A. (1979). The theory of learning by doing. Psychological Review, 86(2), 124.

Badu, K. M., Sugiharto, S., & Hariyanto, E. (2021). Literatur Review: Aktivitas Fisik Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani sebagai Stimulus Fungsi Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(12), 1953–1962.

Bowo, T. A., & Budiati, B. (2017). Model Pembelajaran Bahasa Inggris Interaktif Menggunakan Flascard Berbasis Pancasila Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Bangsa. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 11(2).

Hafidzhoh, K. A. M., Madani, N. N., Aulia, Z., & Setiabudi, D. (2023). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Pada Pembelajaran Tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 390–397.

Islami, F. H. (2021). Kajian Literatur Model Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning).

Jazuly, A. (2016). Peran bahasa inggris pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 6(01), 33–40.

Kasdi, K., & Wijayanti, D. N. (2017). Pembelajaran bahasa Inggris efektif melalui lagu anak-anak untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1).

Khairani, A. I. (2016). Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini. -.

LAALI, F. S. (2019). Strategi Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) Di Mi Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan Tulungagung.

Larasaty, G., Anggrarini, N., & Efendi, N. (2022). “ Fun English” sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. Room of Civil Society Development, 1(2), 96–102.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris pada sekolah dasar: Mengapa perlu dan mengapa dipersoalkan. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 6(1), 23–28.

Messakh, S. T., Kinasih, A., & Cahyono, Y. (2018). Gambaran hubungan aktifitas fisik dan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar kristen satya wacana salatiga.

Pertiwi, A. B., Rahmawati, A., & Hafidah, R. (2021). Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Kumara Cendekia, 9(2), 95–105.

Reese, H. W. (2011). The learning-by-doing principle. Behavioral Development Bulletin, 17(1), 1.

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh aktivitas fisik terhadap peningkatan kecerdasan emosi siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347.

Rosmayanti, V., Noni, N., & Patak, A. A. (2022). Students’ Acceptance of Technology Use in Learning English Pharmacy. International Journal of Language Education, 6(3), 314–331. https://doi.org/10.26858/ijole.v6i3.24144

Salsabila, N. H. (2017). Proses kognitif dalam pembelajaran bermakna.

Tarmidzi, T. (2019). Belajar Bermakna (Meaningful Learning) Ausubel Menggunakan Model Pembelajaran dan Evaluasi Peta Konsep (Concept Mapping) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPA. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 1(2), 131–140.

Thompson, P. (2010). Learning by doing. Handbook of the Economics of Innovation, 1, 429–476.

Uzer, Y. V. (2019). Strategi belajar bahasa inggris yang menyenangkan untuk pendidikan anak usia dini. Pernik Jurnal Paud, 2(1), 86–95.

Yamin, M. (2017). Metode pembelajaran bahasa inggris di tingkat dasar. Jurnal Pesona Dasar, 1(5), 82–97.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Rosmayanti, V., Sukmawati, S., Thayeb, A. M. D. R. ., & Ibrahim, M. . (2023). PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DASAR PADA SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN DESA PATTENETEANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2972–2977. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14809