MENUMBUHKAN ETOS KERJA PERANGKAT DESA DALAM MEWUJUDKAN APARATUR YANG BERINTEGRITAS DAN PELAYANAN PUBLIK PRIMA DI DESA TEBING LINGGAHARA BARU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14759Keywords:
Etos Kerja, Integritas, Pelayanan Publik PrimaAbstract
Pelayanan publik prima merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan kepuasasan kepada masyarakat. Dengan adanya pelayanan publik prima maka masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Mitra dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah aparatur Desa Tebing Linggaharu Baru dan Dosen Program Pascasarjana Universitas Labuhanbatu. Permasalahan mitra adalah kurangnya pengetahuan dan motivasi mitra dalam memberikan pelayanan publik prima. Kurangnya pemahaman tentang etos kerja dan integritas. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman dan meingkatkan pelayanan publik prima melalui peningkatan etos kerja aparatur dan integritas aparatur Desa Tebing Linggahara Baru, Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tatap muka secara langsung. Peserta yang hadir sekitar 20 orang, termasuk juga pada kepala dusun. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa setelah adanya penyuluhan tentang peningkatan pelayanan publik prima melalui peningkatan etos kerja dan integritas, aparatur semakin menyadari bahwa pentingnya etos kerja dan integritas dalam bekerja, sehingga akan berdampak terhadap pelayanan publik prima.References
Achnes, S. (2012). Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pelaksanaan Good Government. Jurnal Kebijakan Publik, 3(55), 27–37.
Alisiya, E. M., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp) Pada Kementerian Agama Kota Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 224–233. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jei
Ayunigtyas, D., Parinduri, S. K., & Susanti, F. A. (2018). Integritas Kepemimpinan Antikorupsi Di Sektor Kesehatan. Integritas, 4(1), 28. Https://Doi.Org/10.32697/Integritas.V4i1.157
Dewi, A. (2010). Pengembangan Pelayanan Prima Melalui Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pelayanan Publik. Civil Service Journal, 4(2).
Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Reformasi, 3(1), 19–24.
Https://Www.Menpan.Go.Id/Site/Berita-Terkini/Pelayanan-Publik-Berorientasi-Pada-Kepuasan-Pelanggan
Judge, Z. (2019). Pelayanan Publik Atas Administrasi Kependudukan Pada Masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu. Jurnal Abdimas, 5(4), 294–298.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Zulkifli Musannip Efendi Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










