MENUMBUHKAN ETOS KERJA PERANGKAT DESA DALAM MEWUJUDKAN APARATUR YANG BERINTEGRITAS DAN PELAYANAN PUBLIK PRIMA DI DESA TEBING LINGGAHARA BARU

Authors

  • Zulkifli Musannip Efendi Siregar Universitas Labuhanbatu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14759

Keywords:

Etos Kerja, Integritas, Pelayanan Publik Prima

Abstract

Pelayanan publik prima merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan kepuasasan kepada masyarakat.  Dengan adanya pelayanan publik prima maka masyarakat akan lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Mitra  dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah aparatur Desa Tebing Linggaharu Baru dan Dosen Program Pascasarjana Universitas Labuhanbatu.  Permasalahan mitra adalah kurangnya pengetahuan dan motivasi mitra dalam memberikan pelayanan publik prima. Kurangnya pemahaman tentang etos kerja dan integritas. Oleh karena itu, tujuan dilaksanakannya pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman  dan meingkatkan pelayanan publik prima melalui peningkatan etos kerja aparatur dan integritas aparatur Desa Tebing Linggahara Baru, Kabupaten Labuhanbatu Provinsi Sumatera Utara. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi,  tatap muka secara langsung.  Peserta yang hadir sekitar 20 orang, termasuk juga pada kepala dusun.  Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa setelah adanya penyuluhan tentang peningkatan pelayanan publik prima melalui peningkatan etos kerja dan integritas, aparatur semakin menyadari bahwa pentingnya etos kerja dan integritas dalam bekerja, sehingga akan berdampak terhadap pelayanan publik prima.

References

Achnes, S. (2012). Pelayanan Prima Sebagai Upaya Pelaksanaan Good Government. Jurnal Kebijakan Publik, 3(55), 27–37.

Alisiya, E. M., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp) Pada Kementerian Agama Kota Surabaya. Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Islam, 5(2), 224–233. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jei

Ayunigtyas, D., Parinduri, S. K., & Susanti, F. A. (2018). Integritas Kepemimpinan Antikorupsi Di Sektor Kesehatan. Integritas, 4(1), 28. Https://Doi.Org/10.32697/Integritas.V4i1.157

Dewi, A. (2010). Pengembangan Pelayanan Prima Melalui Peningkatan Profesionalisme Aparatur Pelayanan Publik. Civil Service Journal, 4(2).

Diahloka, C., & Shaleh, A. B. (2013). Membangun Kualitas Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Etos Kerja Pegawai. Jurnal Reformasi, 3(1), 19–24.

Https://Www.Menpan.Go.Id/Site/Berita-Terkini/Pelayanan-Publik-Berorientasi-Pada-Kepuasan-Pelanggan

Judge, Z. (2019). Pelayanan Publik Atas Administrasi Kependudukan Pada Masyarakat Kabupaten Kepulauan Seribu. Jurnal Abdimas, 5(4), 294–298.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Siregar, Z. M. E. . (2023). MENUMBUHKAN ETOS KERJA PERANGKAT DESA DALAM MEWUJUDKAN APARATUR YANG BERINTEGRITAS DAN PELAYANAN PUBLIK PRIMA DI DESA TEBING LINGGAHARA BARU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2946–2950. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14759

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.