PERAN BADAN PERENCANAAN DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN SIKKA TERHADAP INDEKS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH

Authors

  • Maria Gracia Prilly da Cunha Universitas Nusa Nipa
  • Yustina Olivia da Silva Universitas Nusa Nipa
  • Yosef Tonce Universitas Nusa Nipa
  • Kristiana Reinildis Aek Universitas Nusa Nipa

Keywords:

Pemerintah Daerah, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan (Badan Perencanaan dan Litbang) Kabupaten Sikka merupakan unsur penunjang pemerintah daerah di bidang perencanaan dan bidang penelitian dan pengembangan. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sikka Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat  Daerah  Kabupaten Sikkadan Peraturan Bupati Sikka Nomor 48 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan.Melalui Badan Perencanaan dan Penelitian dan Pengembangan Kabupaten Sikka, masalah yang ditemukan saat ini yakni belum pernah melakukan pegukuran atau perhitungan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah dan hasil pengukuran tahun 2021 tidak bisa diniai karena banyak persyaratan yang belum dilengkapi. Disisi lain, Kabupaten Sikka dalam hal ini melalui Bapelitbang dianggap belum taat terhadap proses perencanaan dan penganggaran serta evaluasi dan pelaporan keuangan daerah. Selain itu juga Kabupaten Sikka juga dinilai belum efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan daerah dikarenakan banyak dokumen yang tidak dimuat dalam website Pemerintah Kabupaten Sikka.

References

Andriansah, Y. C. (2022). Evaluasi Pengelolaan Administrasi Keuangan Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kecamatan Barat Kabupaten Magetan Jawa Timur (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

Hidayah, R., Imtikhanah, S., & Habibi, K. A. (2021). Analisis Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Se-Provinsi Jawa Tengah Sebelum Dan Saat Pandemi Covid19. Neraca, 17(1), 122-147.

Paat, H. P., Nangoi, G. B., & Pusung, R. (2019). Analisis Efektivitas Dan Efisiensi Pelaksanaan Anggaran Belanja Badan Perencanaan Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).

Wibawa, I. G. A., Sudemen, I. W., & Sawitri, M. Y. (2021). Kajian Kinerja Keuangan Daerah Di Kabupaten Jembrana. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 6(2), 142-159.

Sains, F. S. (2018). Analisis Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah.

Yahya, I. (2006). Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah. Jurnal Sistem Teknik Industri, 7(4), 27-29.

Auditya, L., Husaini, H., & Lismawati, L. (2013). Analisis Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah. Jurnal Fairness, 3(1), 21-42.

Aliyah, S., & Nahar, A. (2012). Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Jepara. Jurnal Akuntansi Dan Auditing, 8(2), 137-150.

Defitri, S. Y. (2018). Pengaruh Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Benefita, 3(1), 64-75

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Cunha, M. G. P. da ., Silva, Y. O. da, Tonce, Y. ., & Aek, K. R. . (2023). PERAN BADAN PERENCANAAN DAN PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN KABUPATEN SIKKA TERHADAP INDEKS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2668–2672. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14744

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.