PENINGKATAN PELUANG BISNIS ONLINE ASESORIS BERPOLA KANZASHI BERBAHAN DASAR PITA SATIN DAN MANIK BAGI IBU RUMAH TANGGA

Authors

  • Retno Purnama Irawati Universitas Negeri Semarang
  • Siminto Siminto IAIN Palangka Raya

Keywords:

Asesoris, Pita, Manik, Kanzashi, Berjualan, Online

Abstract

Pergeseran pola transaksi jual beli yang awalnya manual dan tatap muka, beralih menjadi transaksi online sangat dirasakan bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari usahanya. Ibu rumah tangga dituntut harus mempunyai strategi memanfaatkan peluang usaha yang bisa dikembangkan dan mengubah pola transaksi jual beli. Sasaran adalah kelompok ibu rumah tangga bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Alasan pemilihan lokasi kegiatan di Kecamatan Ungaran Barat adalah ibu-ibu PKK di wilayah ini membutuhkan pengetahuan tentang strategi pemanfaatan peluang usaha, agar menumbuhkan minat melakukan usaha yang produktif, dan bisa mendapatkan uang tambahan. Solusi yang ditawarkan melalui pelaksanaan kegiatan workshop. Kegiatan workshop dilakukan dengan tiga materi, yaitu (1) paparan tentang strategi dan teknik pemasaran produk secara online; (2) praktek pembuatan konten promosi menggunakan aplikasi oleh peserta workshop, dan (3) praktek pembuatan asesoris berbahan dasar pita satin dan manik mutiara sintesis, dengan pola kanzashi oleh peserta kegiatan. Kegiatan workshop diakhiri dengan evaluasi kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan. 55% responden menyatakan tertarik untuk memulai berjualan online dan 45% tidak tertarik karena merasa sudah tua. Kemudian 59% responden menyatakan tertarik untuk mencoba berjualan asesoris karena sesuai minat dan 41% responden tidak tertarik berjualan asesoris karena sudah mempunyai rencana yang berbeda.

References

Al-Jannah, M. (2015). Beautiful Kanzashi. Momentumpedia.

Fajar, M. Y., Sadiyah, E. R., Permanasari, Y., Patrimo, P., & Rosadi, A. (2011). Peranan Ibu Rumah Tangga dalam Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pembentukan Posdaya ( Pos Pemberdayaan Keluarga ). Prosiding SNaPP2011: Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, 113–120.

Hardati, P. (2012). Perkembangan Perumahan dan Diversifikasi Mata Pencaharian Penduduk Kecamatan Ungaran Barat dan Ungaran Timur. Forum Ilmu Sosial, 39(1), 66–78. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS JURNAL

Hendara, A. (2017). Kanzashi, Hiasan Rambut Cantik Khas Wanita Jepang. Japanese Station. https://japanesestation.com/kanzashi-hiasan-rambut-cantik-khas-wanita-jepang/

Muqodas, A., Priyono, K. D., & Musiyam, M. (2015). Analisis Perubahan Penggunaan Lahan di Kecamatan Ungaran Barat dan Kecamatan Ungaran Timur Pasca Pemekaran Wilayah Tahun 2007 dan 2011. In Naskah Publikasi Fakultas Geografi UMS.

Nurita, R. F. (2016). Upaya Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga di Desa Kalirejo Lawang dengan Tujuan Memotivasi Kewirausahaan Mandiri (Pelatihan pembuatan penganan cokelat dengan varian inovasi isi , rasa dan pengemasan). Jurnal ABDIMAS Unmer Malang, 1(2), 47–53.

Nursiska, L., Annastasia, M., Andriani, P. R., Rachmawati, S., Munira, T., & Suwandi. (2018). Rencana Bisnis Aksesoris Palm’S Craft. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 1(4), 199–203.

Rusdianti, E., Purwantini, S., & Wardoyo, P. (2020). Penyuluhan Tentang Peluang Usaha Guna Menumbuhkan Kemandirian Ekonomi Ibu Rumahtangga Kelurahan Gedanganak Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Jurnal Abdimas Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang, 7(2), 147–153. http://j-abdimas.polinema.ac.id/index.php/abdimas/article/view/102

Rusdianti, E., Wardoyo, P., & Purwantini, S. (2019). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Ekonomi Keluarga Dengan Memanfaatkan Limbah di Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik, 1(1), 1–5. https://journals.usm.ac.id/index.php/tematik/issue/view/185

Rusdianti, E., Wardoyo, P., & Purwantini, S. (2020). Motivasi Berwirausaha Untuk Penghematan Keuangan Keluarga di Kelurahan Ungaran, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Tematik, 2(2).

Sugiyani, Y., Munandar, T. A., & Harsiti. (2017). Wirausaha Mandiri Mini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Wikrama Parahita, 1(1), 32–39.

Wardiani, S. R., Intan, T., & Subekti, M. (2018). Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga Untuk Peningkatan Ekonomi Keluarga Di Kecamatan Patokbeusi Subang. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 7(4), 221–227.

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Irawati, R. P., & Siminto, S. (2023). PENINGKATAN PELUANG BISNIS ONLINE ASESORIS BERPOLA KANZASHI BERBAHAN DASAR PITA SATIN DAN MANIK BAGI IBU RUMAH TANGGA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2547–2554. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14675