OPTIMALISASI PEMANFAATAN TEKNOLOGI KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR SISWA DI MASYARAKAT
Keywords:
Teknologi, Komputer, Pendidikan, Hasil BelajarAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat berjudul "Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Komputer dalam Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa di Masyarakat" dilaksanakan secara online melalui aplikasi Zoom pada bulan Desember 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada 34 guru di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali, dalam memanfaatkan teknologi komputer untuk meningkatkan kualitas belajar siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan yang disertai dengan demonstrasi atau percontohan untuk menghasilkan keterampilan tertentu. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan para guru dalam memanfaatkan teknologi komputer dalam proses pembelajaran, yang kemudian dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Dalam simpulan, disarankan agar kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkala guna memastikan peningkatan kualitas belajar siswa dan pemanfaatan teknologi komputer dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini, kolaborasi antara para guru, lembaga pendidikan, dan pemerintah diharapkan dapat terus ditingkatkan guna mencapai tujuan tersebut. Kegiatan ini memiliki pentingnya dalam meningkatkan kualitas belajar siswa dan memanfaatkan teknologi komputer dalam proses pembelajaran, yang dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara luas di berbagai daerah untuk memberikan manfaat yang lebih luas bagi masyarakat.References
Dermawan, H., Malik, R. F., Suyitno, M., Dewi, R. A. P. K., Solissa, E. M., Mamun, A. H., & Hita, I. P. A. D. (2023). Gerakan Literasi Sekolah Sebagai Solusi Peningkatan Minat Baca Pada Anak Sekolah Dasar. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 311–328.
Fardani, A. T. (2020). Penggunaan Teknologi Virtual Reality Untuk Sekolah Menengah Pertama Pada Tahun 2010-2020. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8(1).
Haking, D., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Renang Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Siswa Kelas V SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 320–328. https://doi.org/10.17977/um038v2i42019p320
Kurnia, N., Darmawan, D., & Maskur, M. (2018). Efektivitas pemanfaatan multimedia pembelajaran berbantuan ispring dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa arab. Teknologi Pembelajaran, 3(1).
Misbah, D., Surya, M., & Maskur, M. (2017). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yang berbasis Power Point model Pop Up untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kosakata mata pelajaran bahasa Arab. TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, 2(2).
Pratama, D. K., & Paramita, A. S. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Afiliasi Penjualan Tiket Seminar Berbasis Website Menggunakan Framework Laravel. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(1), 109–124.
Rapanta, C., Botturi, L., Goodyear, P., Guàrdia, L., & Koole, M. (2020). Online University Teaching During and After the Covid-19 Crisis: Refocusing Teacher Presence and Learning Activity. Postdigital Science and Education. https://doi.org/10.1007/s42438-020-00155-y
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syahril Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.