MEMUPUK PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN

Authors

  • Paulina Maria Ekasari Wahyuningrum STIPAS Tahasak Danum Pambelum
  • Agnes Angi Dian Winei STIPAS Tahasak Danum Pambelum
  • Ahmad Junaidi Institut STIAMI
  • Akhmad Ramli Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Slamet Riyadi Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Ali Yusron STAIN Mandailing Natal

Keywords:

Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Pengabdian

Abstract

Pendidikan karakter dan motivasi belajar siswa merupakan isu penting dalam pengembangan pendidikan di Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul "Memupuk Pendidikan Karakter dan Motivasi Belajar Siswa dengan Kreatif, Inovatif, dan Menyenangkan" bertujuan untuk membantu meningkatkan karakter dan motivasi belajar siswa melalui pengajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Geluntung Kaje, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali pada bulan Januari 2023 dan diikuti oleh siswa-siswi di desa tersebut. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi penyampaian materi oleh para fasilitator, penggunaan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif, serta pemberian tugas-tugas yang menarik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan karakter dan motivasi belajar siswa yang diukur melalui peningkatan nilai rapor dan tingkat keaktifan siswa dalam kelas. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah bahwa pendidikan karakter dan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pengajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama dalam pengembangan pendidikan di Indonesia.

References

Fithriyaani, F., Yudhyarta, D. Y., & Syarifudin, S. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Motivasi Belajar Siswa. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 138–150.

Kosim, M. (2020). Penguatan pendidikan karakter di era industri 4.0: Optimalisasi pendidikan agama islam di sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88–107.

Mugiantarsih, L. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Proses Pembelajaran Daring Pada Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan, 2(1), 1428–1437. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/semnasmp/article/view/10821/4876

Prabowo, R. A., Hita, I. P. A. D., Lubis, F. M., Patimah, S., Eskawida, E., & Siska, S. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Dribbling Permainan Bola Basket. Journal on Education, 5(4), 12648–12658. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2253

Rizkita, K., & Saputra, B. R. (2020). Bentuk penguatan pendidikan karakter pada peserta didik dengan penerapan reward dan punishment. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2), 69–73.

Salsabilah, A. S., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Peran Guru Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7158–7163.

Suwandaru, C., & Hidayat, T. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Dengan Prestasi Belajar Siswa Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan Volume 09 Nomor 01 Tahun 2021, 113 – 119, 09, 113–119.

Suwarma, D. M., Munir, M., Wijayanti, D. A., Marpaung, M. P., Weraman, P., & Hita, I. P. A. D. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1234–1239.

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Wahyuningrum, P. M. E. ., Winei, A. A. D. ., Junaidi, A. ., Ramli, A. ., Riyadi, S. ., & Yusron, A. . (2023). MEMUPUK PENDIDIKAN KARAKTER DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN KREATIF, INOVATIF DAN MENYENANGKAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2525–2529. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14666