PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) MEMBANGUN KONSEP AQUAPONIK (BUDIKDAMBER) DI SDN GEDANG ANAK 02 KABUPATEN SEMARANG SEBAGAI BENTUK EDUKASI URBAN FARMING KEPADA SISWA

Authors

  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Atip Nurwahyunani Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rachmawati Universitas PGRI Semarang
  • Fibria Kaswinarni Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14663

Keywords:

Aquaponik, Budikdamber, Hidroponik, Entrepreneurship, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Untuk mewujudkan proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka, SDN Gedang Anak 02 Kabupaten Semarang membutuhkan pendampingan dan pelatihan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) yang berbeda dengan pembelajaran berbasis proyek dalam program intrakurikuler di dalam kelas. Sejalan dengan hal tersebut Program Studi Pendidikan Biologi melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat akan berkolaborasi dengan SDN Gedang Anak 02 Kabupaten Semarang dalam melaksanakan proyek Pelajar Pancasila melalui program PKM yakni : a) Penyuluhan dan Focus Group Discussion tentang edukasi urban farming di lingkungan sekolah, b) Penyuluhan, pelatihan dan praktik proyek Aquaponik (budikdamber), c) Penyuluhan, pelatihan dan praktik hidroponik, d) Penyuluhan, pelatihan dan praktik entrepreneurship melalui aquaponik Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SDN Gedang Anak 02 pada tanggal 17, 25, dan 28 Februari 2023. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini yakni ceramah, simulasi atau peragaan serta praktek langsung tentang edukasi urban farming. Kegiatan ini dilakukan secara tatap muka dengan tetap sesuai Prokes New Normal, yaitu menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak. Hasil dari kegiatan PKM ini antara lain: keterampilan mitra yang terdiri dari : guru dan siswa) dalam edukasi urban farming di sekolah meningkat; tumbuhnya jiwa entrepreneurship siwa SDN Gedang anak 02 Kabupaten Semarang dengan berbudidaya secara aquaponik secara mandiri dan berkelanjutan, serta mampu membuat produk hasil budikdamber; tercapainya profil pelajar Pancasila di SDN 02 Gedang anak Kabupaten Semarang, melalui proyek pengolahan aquaponik (budikdamber).

References

Muhtarom, Nizaruddin, & Saifuddin, M. (2017). Pelatihan kewirausahaan di Universitas PGRI Semarang. E-Dimas (Educations-Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol 8, No(24). http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/1379/1169.

R, R. C., & Atip Nurwahyunani, R. (2018). LAPORAN PENGABDIAN PKM Sekolah Adiwiyata Se-Kabupaten Demak UNIVERSITAS PGRI SEMARANG. Eprint Upgris.

Rizky Satria, P. A., Wulan, K. S., & Muda), T. Y. H. (2022). Projek Penguatan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan-Penguatan Projek-Profil-Pancasila.pdf.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Minarti, I. B., Nurwahyunani, A., Rachmawati, R. C. ., & Kaswinarni, F. . (2023). PROGRAM KEMITRAAN MASYARAKAT (PKM) MEMBANGUN KONSEP AQUAPONIK (BUDIKDAMBER) DI SDN GEDANG ANAK 02 KABUPATEN SEMARANG SEBAGAI BENTUK EDUKASI URBAN FARMING KEPADA SISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2714–2721. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14663