PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) KREATIF ASESORIS “CANTIK” UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN USAHA SEMASA PANDEMI PADA EVENT JATIM FAIR
Keywords:
UMKM, Pertumbuhan Bisnis, Jatim FairAbstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong munculnya ide kreatif yang bisa dikembangkan, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam mewujudkan stabilitas nasional. Peran-peran penting tersebut telah mendorong pertumbuhan UMKM dan terus berupaya meningkatkan daya saing dalam menghadapi pandemi covid-19.Tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui bagaimana Pengembangan UMKM dalam meningkatkan Perekonomian Keluarga pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Dari data yang terkumpul diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan UMKM pada acara Jatim Fair mampu menjadi pendorong pertumbuhan perekonomian usaha serta membawa dampak positif terhadap penyerapan tenaga kerja dan berdaya saing usahaReferences
Aditama, R. A., & Rofiudin, M. (2020). Pengantar Bisnis Dilengkapi dengan Analisis Studi Kelayakan Bisnis. In AE Publishing.
Aminy, A. (2022). Analisis Peran Umkm Dalam Perekonomian Jawa Timur. Media Mahardhika. https://doi.org/10.29062/mahardika.v20i2.398
DPKM-UGM, T. Y. (2020). Dampak Awal Pandemik COVID-19 terhadap UMKM. Journal of Chemical Information and Modeling.
Finta Aramita. (2021). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kelangsungan Umkm Studi Pada Kabupaten Langkat. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien). https://doi.org/10.54209/jasmien.v2i01.77
Irfan Kharisma Putra. (2021). Akselerasi Pertumbuhan Bisnis di Sektor Pariwisata di Era Pandemi Covid 19 Melalui Pendekatan Pentahelix. Sketsa Bisnis. https://doi.org/10.35891/jsb.v8i1.2580
Mustanir, A., & Hamid, H. (2019). Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Desa Dalam Perencanaan Metode Partisipatif. Jurnal Moderat.
Nabilah, S., Nursan, M., & Suparyana, P. K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Umkm (Studi Kasus Umkm Zea Food Di Kota Mataram). Inovasi Penelitian.
Nasrun, A. P., Nujum, S., & Sufri, M. (2021). Pengaruh Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Dalam Mengatasi Kemiskinan Dan Pengangguran Di Kota Makassar. Tata Kelola.
Purwaningsih, R., & Kusuma Damar, P. (2015). Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi kinerja usaha kecil dan menengah (ukm) dengan metode structural equation modelling (studi kasus UKM berbasis industri kreatif Kota Semarang). Prosiding SNST Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Queirós, M., Braga, V., & Correia, A. (2019). Cross-country analysis to high-growth business: Unveiling its determinants. Journal of Innovation and Knowledge. https://doi.org/10.1016/j.jik.2018.03.006
Singgih, C. T., Galahartlambang, Y., & Firdawati, Y. (n.d.). Pelatihan Digital Marketing UMKM Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang. 41, 414–417.
Sofyan, S. (2017). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia. Jurnal Bilancia.
Supriyanto, A. (2021). Pertumbuhan Bisnis Online Mahasiswa Melalui Sosial Media pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business. https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2386
Tulus Tambunan. (2020). Pasar Tradisional dan Peran UMKM. In IPB Press.
Utarini, Sari, W., & Bakhri, S. (2022). Pemberdayaan melalui pelatihan dan digitalisasi UMKM dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa pandemic covid-19. Islamic Management and…
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juliani Pudjowati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.