PENDAMPINGAN PEMAHAMAN PERJALANAN DINAS UNTUK PEGAWAI NEGERI DI KANTOR DPRD KOTA YOGYAKARTA

Authors

  • Andhika Raphael Sutedja Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rochmad Bayu Utomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14599

Keywords:

Pendampingan Perjalanan Dinas, Pemahaman, Pegawai Negeri, Kinerja

Abstract

Perjalanan dinas merupakan suatu kegiatan yang dilakukan pegawai negeri sipil dalam memenuhi tugas kedinasan yang diberikan oleh instansi pemerintah, pegawai negeri sipil di kantor DPRD Kota Yogyakarta sudah cukup baik dalam memahami konsep perjalanan dinas namun dalam pelaksanaannya masih terdapat kekeliruan. Untuk itu diadakanlah kegiatan pendampingan ini untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi dalam perjalanan dinas bagi pegawai negeri di Kantor DPRD Kota Yogyakarta. Kegiatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap lima pegawai negeri yang telah mendapatkan pendampingan perjalanan dinas. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan tersebut memberikan manfaat yang signifikan bagi para pegawai, seperti membantu mereka memahami peraturan dan tata cara yang harus dilakukan selama perjalanan dinas, membuat mereka merasa lebih siap dan terorganisir saat melakukan perjalanan dinas, serta memberikan rasa aman dan tenang selama perjalanan. Implikasi dari hasil temuan ini adalah bahwa pendampingan pemahaman perjalanan dinas dapat meningkatkan kinerja pegawai dan mengurangi risiko terjadinya kesalahan selama perjalanan dinas. Oleh karena itu, kantor DPRD Kota Yogyakarta sebaiknya mempertimbangkan untuk memberikan pendampingan perjalanan dinas sebagai bagian dari program pelatihan dan pengembangan pegawai.

References

Adillah, S. U., Purnawan, A., & Istina, S. R. D. (2021). Penyuluhan Hukum dan Pendampingan Kepesertaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Sektor Informal Kelompok Tani “Sumber Rejo” Desa Tuwang Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(01), 1-9.

Lumempouw, E. G., Nangoi, G. B., & Kalangi, L. (2021). Analisis Peran Aparat Pengawas Internal Pemerintah (Apip) dalam Pencegahan dan Pendeteksian Fraud Biaya Perjalanan Dinas (Studi Kasus Pada Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Utara). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 12(2), 252-263.

Ningrum, A. G. W., & Ambarwati, M. F. (2015). Optimalisasi Administrasi Perjalanan Dinas. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 7(1), 78-90.

Rahmayanti, A. (2021). Pengembangan Purwarupa Sistem Informasi Manajemen Surat Perintah Perjalanan Dinas Dengan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Fti Universitas Islam Indonesia).

Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.

Setiawan, H. T., Jati, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2018). Analisis pelaksanaan pendampingan akreditasi puskesmas pada kelompok kerja administrasi dan manajemen di kabupaten pemalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 6(5), 75-85.

Setyaningrum, D., & Jeremi, I. (2020). Analisis pola penyelewengan beban perjalanan dinas pada kementerian di indonesia tahun 2015-2017. Indonesian Treasury Review: Jurnal Perbendaharaan, Keuangan Negara dan Kebijakan Publik, 5(4), 255-272.

Yoga, R. D., & Veritawati, I. (2021). Sistem Informasi Perjalanan Dinas Kementrian Sosial. JTKSI (Jurnal Teknologi Komputer dan Sistem Informasi), 4(2), 82-92.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Sutedja, A. R. ., & Utomo, R. B. . (2023). PENDAMPINGAN PEMAHAMAN PERJALANAN DINAS UNTUK PEGAWAI NEGERI DI KANTOR DPRD KOTA YOGYAKARTA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2772–2777. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14599