PENDALAMAN PENGEMASAN IKAN ASAP DI DESA KILUAN NEGERI TANGGAMUS SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDAPATAN

Authors

  • Neli Aida Universitas Lampung
  • Sandi Asmara Universitas Lampung
  • Irfan Musyaffa Universitas Lampung
  • Ahmad Dharu Athallah Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.14536

Keywords:

Pengemasan, Pendapatan, Dedikasi Masyarakat, Nilai Tambah

Abstract

Terwujudnya upaya penguatan ketahanan masyarakat dalam menjaga semangat dan keberlanjutan dalam menghadapi New Normal di wilayah pesisir, realisasi Nilai Tambah produk olahan hasil tangkapan nelayan menjadi olahan ikan asap yang dikemas agar tahan lama dan memiliki nilai jual tinggi bagi masyarakat. pemenuhan hajat hidup masyarakat, dan Terbukanya pengetahuan masyarakat dalam menghadapi permasalahan keterpurukan dan kebimbangan di bidang pariwisata dan perikanan melalui peningkatan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan inovasi kemasan agar memiliki nilai tambah hasil tangkapan ikan yang tahan lama. Untuk mengatasi permasalahan diatas, konsep yang digunakan adalah Two in One yaitu dua bentuk kegiatan yang dilakukan dalam satu kesatuan pelaksanaan program. Kedua kegiatan tersebut bersifat penguatan dan sinergis. Dari hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan sebelumnya, tim pelaksana melihat potensi yang dapat dilakukan berupa pendampingan dan pelatihan. Potensi tersebut masih sangat memungkinkan untuk melanjutkan KKN Masyarakat Desa Binaan Universitas Lampung kedepannya. Oleh karena itu, komunikasi yang terus menerus antara mitra dan tim pelaksana setelah pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bentuk monitoring dan perencanaan kegiatan kedepan dalam satu program yang sama. Kepada masyarakat Kiluan khususnya kelompok ikan asap agar tetap konsisten memperdalam ilmu dan keterampilan guna mengoptimalkan potensi desa.

References

Astawan, M., Nurwitri, C. C., &Rochim, D. A. (2015). Kombinasi KemasanVakum dan Penyimpanan Dingin untuk Memperpanjang Umur Simpan Tempe Bacem (Combination of Vacuum Packaging and Cold Storage to Prolong the Shelf Life of Tempe Bacem). Jurnal Pangan, 24(2), 125–134

Blakistone, B.A. 1999. Principles and Applications of Modified Atmosphere Packaging of Foods. Chapman and Hall, New York: Aspen Publication.

Cha, D. S., dan M. J. Chinnan. 2004. “Biopolymerbased Anti-Microbial Packaging: A Review,” Crit. Rev. Food Sci. Nutr, 44 (4): 223—227.

Coles, R., dan D. McDowell. 2003. Food Packaging Technology. Oxford, UK: Blackwell Publishing.

Marsh, K, dan B. Bugusu. “Food Packaging—Roles, Materials, and Environmental Issues,” Journal Of Food Science, Vol. 72, Nr. 3, 2007.

Meiliana, et.al. Penyuluhan Penggunaan Asap Cair dan Kemasan Vakum pada UMKM Makanan Berbasis Hasil Laut di Tambaklorok, Semarang Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 01 No. 1 Agustus 2020, 140 – 148

Paputungan T S, Wonggo D, & Damongilala L J. (2015). Kajian Mutu Ikan Cakalang (Katsuwonus Pelamis L.) Asap Utuh Yang Dikemas Vakum Dan Non Vakum Selama Proses Penyimpanan Pada Suhu Ruang. Jurnal Media Teknologi Hasil Perikanan, 3(2).

Smith, M., MacLeod, N., & Robertson, M. H. (2010). Key concepts in tourist studies. Sage.

Downloads

Published

2022-11-29 — Updated on 2023-05-07

Versions

How to Cite

Aida, N. ., Asmara, S. ., Musyaffa, I., & Athallah, A. D. . (2023). PENDALAMAN PENGEMASAN IKAN ASAP DI DESA KILUAN NEGERI TANGGAMUS SEBAGAI UPAYA PENGUATAN PENDAPATAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.14536 (Original work published November 29, 2022)