KATALISASI PRODUK EKONOMI KREATIF UNGGULAN UMKM KECAMATAN KARANGGENENG BERBASIS MODEL CROWDFUNDING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14513Keywords:
Ekonoomi Kreatif, Berbasis, CrowdfundingAbstract
Produk ekonomi kretaif unggulan yang terbentuk dari stock of knowledge sumberdaya manusia lingkungan sekitar melalui UMKM merupakan pendorong laju pertumbuhan ekonomi. Gelombang ekonomi kreatif yang terintegrasi serta budaya entrepreneur melekat erat pada pelaku UMKM Kecamatan Karanggeneng memerlukan tambahan akses permodalan guna mencapai suistainabilitas dalam peningkatan eksistensi otentiknya utamanya pada masa pasca pandemi covid-19. Konsep pemanfaatan mekanisme pengelolaan menuju katalisasi bisnis menggunakan digital media melalui model crowdfunding diindikasi sebagai solusi yang dapat memberikan akses melalui pengembangan dan pemberdayaan yang dapat dilakukan dengan melaksanakan kegiatan pendampingan usaha secara intensif dan berkelanjutan. Spektrum moddel crowdfunding yang sudah berada dalam skala global memberikan skema pemecahan permasalahan dalam hal permodalan pada katalisasi produk UMKM Kecamatan Karanggeneng sebagai suatu usaha marginal dan subsistem dengan jenis produksi atau transaksi kelembagaan lokal.References
Beier, Michael Dan Kerstin Wagner., (2015) . Crowdfunding Success : A Perspective From Social Media And E-Commerce “ Thirty Sixth International Conference On Information Systems (December 2015) : 1-22
Kaur, Harmeet., Jaya Gera . (2017) . “Effect Of Social Media Connectivity On Success Of Crowdfunding Campaigns “ The 5th International Conference On Information Technology And Quantitative Management 122 : 767-774
Mekari (2021) . Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (Iumk) Di Indonesia. Enterpreneur. Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/2018-Pentingnya-Memiliki-Izin- Usaha-Mikro-Kecil-Iumk-Bagi- Umkm-Di-Indonesia/
Rosyad, S., & Priambodo, W. (2020). Pengembangan Sentra Industri Ukm Krupuk Terasi Dalam Menghadapi Era New Normal: Studi Ukm Budi Jaya Makmur Di Desa Budenlamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 284–287. Https://Doi.Org/10.22437/Jkam.V4i2.10537
Syairozi, M. I. (2019). Keterkaitan Variasi Produk Dan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Laba Bengkel Ahas Pandaan. In The Relation Of Product Variations And Labor To Increase In Profit At Ahas Pandaan Workshop.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Eka Fais Wahyuli, Fitri Nurjannah, Muhammad Hari Mulana Yusuf
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.