KATALISASI PRODUK EKONOMI KREATIF UNGGULAN UMKM KECAMATAN KARANGGENENG BERBASIS MODEL CROWDFUNDING

Authors

  • Eka Fais Wahyuli Universitas Islam Lamongan
  • Fitri Nurjannah Universitas Islam Lamongan
  • Muhammad Hari Mulana Yusuf Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14513

Keywords:

Ekonoomi Kreatif, Berbasis, Crowdfunding

Abstract

Produk ekonomi kretaif unggulan yang terbentuk dari stock of knowledge sumberdaya manusia lingkungan sekitar melalui UMKM merupakan pendorong laju pertumbuhan ekonomi. Gelombang ekonomi kreatif yang terintegrasi serta budaya entrepreneur melekat erat pada pelaku UMKM Kecamatan Karanggeneng memerlukan tambahan akses permodalan guna mencapai suistainabilitas dalam peningkatan eksistensi otentiknya utamanya pada masa pasca pandemi covid-19. Konsep pemanfaatan mekanisme pengelolaan menuju katalisasi bisnis menggunakan digital media melalui model crowdfunding diindikasi sebagai solusi yang dapat memberikan akses  melalui pengembangan  dan  pemberdayaan  yang  dapat  dilakukan  dengan melaksanakan kegiatan pendampingan usaha secara intensif dan berkelanjutan. Spektrum moddel crowdfunding yang sudah berada dalam skala global memberikan skema pemecahan permasalahan dalam hal permodalan pada katalisasi produk UMKM Kecamatan Karanggeneng sebagai suatu usaha marginal dan subsistem dengan jenis produksi atau transaksi kelembagaan lokal.

References

Beier, Michael Dan Kerstin Wagner., (2015) . Crowdfunding Success : A Perspective From Social Media And E-Commerce “ Thirty Sixth International Conference On Information Systems (December 2015) : 1-22

Kaur, Harmeet., Jaya Gera . (2017) . “Effect Of Social Media Connectivity On Success Of Crowdfunding Campaigns “ The 5th International Conference On Information Technology And Quantitative Management 122 : 767-774

Mekari (2021) . Pentingnya Memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (Iumk) Di Indonesia. Enterpreneur. Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/2018-Pentingnya-Memiliki-Izin- Usaha-Mikro-Kecil-Iumk-Bagi- Umkm-Di-Indonesia/

Rosyad, S., & Priambodo, W. (2020). Pengembangan Sentra Industri Ukm Krupuk Terasi Dalam Menghadapi Era New Normal: Studi Ukm Budi Jaya Makmur Di Desa Budenlamongan. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 284–287. Https://Doi.Org/10.22437/Jkam.V4i2.10537

Syairozi, M. I. (2019). Keterkaitan Variasi Produk Dan Tenaga Kerja Terhadap Peningkatan Laba Bengkel Ahas Pandaan. In The Relation Of Product Variations And Labor To Increase In Profit At Ahas Pandaan Workshop.

Downloads

Published

2023-05-06

How to Cite

Wahyuli, E. F. ., Nurjannah, F. ., & Yusuf, M. H. M. . (2023). KATALISASI PRODUK EKONOMI KREATIF UNGGULAN UMKM KECAMATAN KARANGGENENG BERBASIS MODEL CROWDFUNDING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2379–2384. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14513

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.