LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL SKILLS PADA MASA PANDEMI DAN ERA 4.0 DI SMA 2 ADABIAH PADANG

Authors

  • Roni Ekha Putera Universitas Andalas
  • Yoserizal Yoserizal Universitas Andalas
  • Kusdarini Kusdarini Universitas Andalas
  • Wewen Kusumi Rahayu Universitas Andalas
  • Tirza Haqia Purnama Universitas Andalas
  • Muh Ajri Halim Universitas Andalas
  • Cinditha Fianda Universitas Andalas
  • Taufani Ahmad Universitas Andalas

Keywords:

Digital skill, lietrasi digital, Era 4.0, Revolusi Industri

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman literasi digital kepada siswa dan unsur-unsur terkait untuk menggunakan media digital dan alat komunikasi secara sehat, kritis, dan inovatif dalam menerima, menyaring, dan menggunakan informasi serta pengetahuan digital. Mitra dari kegiatan pengabdian ini adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Adabiah Padang. Pemilihan mitra dilakukan karena sekolah tersebut merupakan Sekolah Ramah Anak yang nantinya bisa dijadikan pilot project. Metode pendekatan yang digunakan yaitu metode pendekatan pelatihan yang partisipatif dan kolaboratif yang didasarkan kepada pelaksanaan prinsip-prinsip partisipasi dengan memberikan penekanan kepada keberperanan dari seluruh peserta pengabdian kepada masyarakat (Siswa) dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.  Adapun PKM ini dilaksanakan selama 1 hari dengan memberikan ceramah dan pengetahuan kepada seluruh peserta pengabdian dan memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya selama kegiatan berlangsung.

References

Asari A et al. Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. Bibliotika, Vol.3 No. 2 (2019), 98-104.

Faedlulloh, D., R. Prasetyanti, Indrawati. Menggagas Ruang Publik Berbasis Demokrasi Deliberatif: Studi Dinamika Pengelolaan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Di Jakarta Utara. J. Spirit Publik, Vol 12 No. 2 (2017), 43-60.

Irhandayaningsih A. Pengukuran Literasi Digital Pada Peserta Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Anuva, Vol. 4 No. 2 (2020), 231-240.

Mayar, F. Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Sebagai Bibit Untuk Masa Depan Bangsa. J. Al-Ta’lim, Vol. 20 No.3 (2013), 459-465.

Mustofa B, H Budiwati. Pustakaloka, Proses Literasi Digital Terhadap Anak: Tantangan Pendidikan Di Zaman Now. Pustaloka, Vol. 11 No. 1 (2019), 114-130.

Puspito, Danang Wahyu. Implementasi Literasi Digital Dalam Gerakan Literasi Sekolah. In Konferensi Bahasa Dan Sastra II International Conference On Language, Literature, And Teaching, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 304–99. Http://Indonesia.Unnes.Ac.Id/Wp-Content/Uploads/2017/10/C-D-PROSIDING-KBS_2- UNNES-2-320-415.Pdf.

Subiyakto, R. Membangun Kota Layak Anak: Studi Kebijakan Publik Di Era Otonomi Daerah. J. Socio-Religia, Vol 10 No.1 (2012), 49-72.

Wonoseputro, C. Ruang Publik Sebagai Tempat Bermain Bagi Anak-Anak : Studi Kasus Pengembangan "The Urban Zoo" Bagi Kawasan Pecinan Di Singapura. J. Dimensi, Vol. 35 No. 1 (2007), 73-79.

Redaksi. Tim Administrasi Publik Unand Latih Siswa Adabiah Tentang Cakap Digital(2022.) Https://Prokabar.Com/Tim-

Downloads

Published

2023-05-05

How to Cite

Putera, R. E. ., Yoserizal, Y., Kusdarini, K., Rahayu, W. K. ., Purnama, T. H. ., Halim, M. A., Fianda, C. ., & Ahmad, T. . (2023). LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL SKILLS PADA MASA PANDEMI DAN ERA 4.0 DI SMA 2 ADABIAH PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2356–2361. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14505