KONTRIBUSI SOSIAL PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 UNDIKSA DI DESA PEDAWA BALI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14503Keywords:
Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Kontribusi Sosial, Desa Pedawa BaliAbstract
Kontribusi sosial merupakan kegiatan berkontribusi pada masyarakat dan hal ini wajib dilaksanakan di akhir program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 2 di Universitas Pendidikan Ganesha Bali. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 18 Mahasiswa kelompok PMM2 Ibu eka Sulis di Desa Pedawa. Kegiatan ini berfokus kepada masyarakat dan anak anak yang berada di desa pedawa. Mahasiswa berkontribusi dibidang pendidikan yaitu mengajari anak anak bahasa inggris. Berkontribusi dibagian sosial budaya yaitu mengenalkan budaya masing masing mahasiswa yang berasal dari sabang sampai merauke, mengenalkan bahasa, suku, budaya dan makanan khas dari masing masing daerah, memberikan alat tulis sebagai hadiah anak anak dan memberikan alat tulis sebagai hadiah danmb memberikan alat tulis sebagai hadiah dan memberikan kenang kengan berupa plakat dari Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2. Kemudian masyarakat yang berada didesa pedawa juga melakukan sebaliknya. Mereka terlihat antusias mengenalkan tarian bali, bahasa, budaya, alaat musik dan permainan klasik daerah yang langsung dimainkan oleh anak anak desa bersama seluruh mahasiswa didesa Pedawa tersebut. Kegiatan berlangsung selama 2 hari yang dipantau langsung oleh Bapak Ibu masyarakat desa Pedawa dan Bapak ketua pondok di anak di desa Pedawa, sekaligus diawasi langsung oleh Ibu Eka Sulis dan LO Kartika selama berlangsungnya Kegiatan Kontribusi Sosial tersebut.References
Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646–655. https://doi.org/10.47668/pkwu.v10i2.471
Apriliyani, N. V., Hernawan, D., Purnamasari, I., Goris Seran, G., & Sastrawan, B. (2022). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Governansi, 8(1), 11–18. https://doi.org/10.30997/jgs.v8i1.5045
Arsyad, A. T., & Widuhung, S. D. (2022). Dampak Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Kualitas Mahasiswa. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 88. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1027
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1–33. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Febriani, A. F., & Ikbal, M. (2023). PENGEMBANGAN SKILL MAHASISWA MELALUI PROGRAM. 7(1), 1–10. https://doi.org/10.38043/jids.v7i1.3995
Hidayatullah, S. (2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah Fonema, 4(1), 79–87. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3357
Marjan Fuadi, T. (2022). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (Mbkm)?: Aplikasinya Dalam Pendidikan Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 9(2), 38. https://doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11594
Meilia, A.T; Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Metodik DIdaktik; Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 120–128.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.
Siregar, N. H. (2022). Literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris dan karakter pelajar anak bangsa pada pertukaran mahasiswa merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–8. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/1291
Zainudin, M., & Utami, A. D. (2021). Evaluasi pertukaran mahasiswa merdeka berbasis mata kuliah menggunakan provus’s discrepancy model dengan double smart. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 2(4), 10–21.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ayu Grasella Simanjuntak, Jona Hutasoit, Calonroiboto Hutauruk, Rolan Manurung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.