WORKSHOP PENERAPAN NILAI SPIRITUALITAS DALAM PROSES AKUNTANSI DI KONGREGASI SEBAGAI BADAN HUKUM

Authors

  • Egidius Taimenas Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yolinda Yanti Sonbay Universitas Katolik Widya Mandira
  • Beatrix Yunarti Manehat Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14488

Keywords:

Kongregasi, Badan Hukum, Akuntansi

Abstract

Kongregasi merupakan organisasi non laba yang memiliki kebutuhan akan akuntansi.  Namun proses akuntansi di Kongregasi SVD Regio Soverdi Culuhun Dili-Timor Leste masih mengalami masalah. Tidak semua transaksi tercatat dalam buku kas, dan tidak semua transaksi memiliki bukti transaksi. Selain itu, pemahaman para anggota kongregasi belum memahami posisi kongregasi sebagai badan hukum. Dengan demikian, pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Kongregasi sebagai badan hukum dan proses akuntansi dalam kongregasi yang mengedepankan nilai spiritualitas. Workshop dihadiri oleh 19 orang dari berbagai unit. Metode yang digunakan adalah ceramah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa para anggota kongregasi memahami kedudukan hukum kongregasi sebagaimana yang diatur dalam Staatsblad 1927 No 156. Sebagai badan hukum, kongregasi memiliki tanggungjawab untuk menjalankan tugas pelayanan sesuai misi “Kasih Kristus Yang Menguasai Kami” termasuk di dalamnya kaul kemiskinan yang mengarah pada kemampuan mengelolah keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik tercermin dalam siklus akuntansi yang baik; dimulai dari transaksi dan  identifiksi Transaksi, Pencatatan Transaksi dalam Jurnal, Posting ke Buku Besar, Menyusun Neraca saldo dan Jurnal Penyesuaian, Penyusunan Neraca Saldo Setelah Penyesuaian, Menyusun Jurnal Penutup, dan Menyusun Neraca Saldo dan Jurnal Pembalik. Melalui siklus ini, laporan keuangan yang dihasilkan aan bersesuaian dengan ISAK 35 yakni Laporan posisi keuangan, Laporan Penghasilan Komprehensif, Laporan Perubahan Aset Neto, Laporan Arus Kas dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Informasi yang dihasilkan dalam laporan ini akan membantu terwujudnya kaul kemiskinan, kesehjateraan umat dan kemuliaan Tuhan.

References

Anggraeni, B. D. (2015). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Pemilik Usaha Terhadap Pengelolaan Keuangan. Studi Kasus : UMKM Depok. Jurnal Avokasi Indonesia , 44-50.

Dinanti, A. & G. A, Nugraha. 2018. Pelaporan Keuangan Organisasi Nirlaba. Jurna lEkonomi, Bisnis, dan Akuntansi (JEBA).Vol. 20, No. 01

Emol. Y. 2019. Evaluasi Unsusr-Unsur Penerimaan dan Penerimaan Kas Kongregasi. Skripsi. Universitas Sanata Darma.

Fitrah Khairun Nisa. (2020). Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pada Pelaku UMKM Ekonomi Kreatif Sub Sektor Kuliner Kabupaten Malang. ejournal Riset Manajemen Prodi Manajemen , 93-104.

Guidelines for the Admisitration of the Assets in Institute of Consecrated Life and Societies of Apostolik, LibreriaEditriceVaticana.2014.

Ikatan Akuntan Indonesia Online, SAK. “ISAK 35 Penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba.” Jakarta, n.d.

Mamesah, M. (2013). Penerapan PSAK no. 45 pada GMIM Efrata Sentrum Sonder Kaitannya dengan Kualitas Informasi Laporan Keuangan. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 1717-1728.

Puang, Victorius M.H.Randa. 2012. Tinjauan Yuridis Gereja Sebagai Badan Hukum Mempunyai Hak Milik atas Tanah, Jakarta: Softmedia.

Rahmah, M., & Munte, F. B. (2019). Perlakuan Akuntansi Organisasi Nirlaba Terkait Dengan Psak No. 45 Tahun 2017 Pada Gereja Hkbp Maranatha. Jurnal Akuntansi dan Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 29-36. https://doi.org/10.35137/jabk.v6i1.258

Downloads

Published

2023-05-14

How to Cite

Taimenas, E. ., Sonbay, Y. Y. ., & Manehat, B. Y. . (2023). WORKSHOP PENERAPAN NILAI SPIRITUALITAS DALAM PROSES AKUNTANSI DI KONGREGASI SEBAGAI BADAN HUKUM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2555–2561. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14488