PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI E-KTP DI KELURAHAN MALAKA SARI

Authors

  • Kiki Rizki Ramadhan Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Lukmanul Hakim Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Indra Aditya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14465

Keywords:

Patologi Birokrasi, e-KTP, Administrasi

Abstract

Birokrasi kini dipandang sebagai sebuah sistem dan alat manajemen pemerintahan yang buruk, hal tersebut karena aroma birokrasi sudah melenceng dari tujuan semula sebagai medium penyelenggaraan tugas-tugas kemanusiaan, yaitu melayani masyarakat (public service) dengan sebaik-baiknya. Tujuan dari penelitian ini ingin mengetahui bagaimana pelayanan administrasi e-KTP di Kelurahan Malakasari dengan menggunakan analisis patologi siagiaan (1994). Metode dalam penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam menganalisis permasalahan yang terjadi di lapangan yang digunakan peneliti dalam kondisi obyek yang alamiah, di mana peneliti sebagai instrument kunci. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan administrasi e-KTP di Kelurahan malaka sari belum maksimal dan ditemukan patologi birokrasi dalam pelayanan administrasi e-KTP, hal tersebut ditunjukan dengan pelayanan administrasi yang berbelit-belit, pembuatan e-KTP yang memakan waktu berbulan-bulan, ketersediaan blanko yang kosong, pelayanan staff pegawai yang kurang maksimal, kelalaian petugas dalam manajemen waktu pelayanan sehingga adanya ketidakpastian waktu kapan E-KTP selesai, dan diskriminasi pelayanan. Dengan demikian, pelayanan administrasi e-KTP di Kelurahan Malaka Sari harus lebih ditingkatkan lagi dari segi pelayanan dan kepastian dalam pembuatan e-KTP.

References

Albrow, M. (1994). Birokrasi. Jakarta: PT. Tiara Wacana.

Dwiyanto, A. (2015). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif dan Kolaboratif. Yogyakarta: UGM Press.

Hamirul. (2017). Patologi Birokrasi Yang Dimanifestasikan Dalam Perilaku Birokrat. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan.

Hanafi. (2020). Patologi Birokrasi Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Majene.

Karim, R. E. (2021). Patologi birokrasi dalam pelayanan pengurusan paspor di kantor imigrasi kelas 1 kota makassar. IJI Publication.

Makhya, S. (2004). Ilmu Pemerintahan -Telaahan Awal. Lampung: Buku Ajar.

Pasolong, H. (2014). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfa Beta.

Putra, R. S. (n.d.). Patologi Politik Dalam Implementasi Otonomi Daerah Dan Pelaksanaan Pemerintahan Daerah.

Siagiaan, S. P. (1994). Patologi Birokrasi: Analisis, Identifikas, dan Terapinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Silalahi, U. (2013). Studi Tentang Ilmu Administrasi. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Thoha, M. (2002). Dimensi – dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tristianto, I. (2018). Patologi birokasi dalam pelayanan publik (studi pelayanan pembuatan e-ktp di unit pelaksana teknis dinas kependudukan dan pencatatan sipil kecamatan tapung tahun 2016). JOM FISIP.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Ramadhan, K. R. ., Hakim, L. ., & Aditya, I. . (2023). PATOLOGI BIROKRASI DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI E-KTP DI KELURAHAN MALAKA SARI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14465