PEMBERDAYAAAN AKTIVITAS OTAK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Intan Nurma Yulita Universitas Padjajaran
  • Firman Ardiansyah Institut Teknologi Dan Bisnis Ahmad Dahlan Lamongan

Keywords:

Aktivasi Otak; Kemampuan Mengingat; Siswa; Otak Kanan

Abstract

Otak merupakan organ tubuh yang penting bagi manusia karena otak yang memerintahkan tubuh untuk menjalankan kegiatan, termasuk yang utama dalam hal belajar. Dua belahan otak manusia yaitu bagian kanan dan kiri diketahui memiliki manfaat yang berbeda bagi manusia. Otak kanan mampu memuat ingatan dalam jangka panjang, imaginatif, acak, visual, spontan, dan emosional sedangkan otak kiri memuat ingatan jangka pendek, logis, teratur, detail, dan rasional. Sayangnya, sistem pendidikan Indonesia terlalu mengedepankan pendidikan menggunakan otak kiri dan cenderung mengabaikan otak kanan. Pemakaian otak yang tidak seimbang seperti ini dapat mengurangi kemampuan belajar siswa atau mungkin dapat menimbulkan masalah belajar bagi siswa. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat ini merancang kegiatan pemberdayaan aktivitas otak kanan untuk menunjang pemakaian otak secara seimbang. Kegiatan ini berisi pemberian materi tentang otak, aktivitasnya, dan alat yang dapat melihat kinerja otak, serta melakukan kegiatan aktivasi otak kanan untuk siswa SMA. Partisipan dari kegiatan ini adalah siswa SMA berjumlah 32 orang. Setiap partisipan mengikuti pra-tes dan post-test untuk mengukur keberhasilan dari kegiatan. Pra-tes dan post-test mengukur daya ingat partisipan terhadap kata-kata yang diberikan. Hasil analisis uji T-test dari pra-tes dan post-test menunjukkan nilai t= -6,022 sig<0,05 yang artinya ada penambahan daya ingat partisipan setelah mengikuti kegiatan. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kegiatan ini dapat membantu siswa untuk mengaktivasi otak kanannya terutama untuk memperkuat daya ingat siswa.

References

Haling, S., Halim, P., Badruddin, S., & Djanggih, H. (2018.). Perlindungan Hak Asasi Anak Jalanan Dalam Bidang Pendidikan Menurut Hukum Nasional Dan Konvensi Internasional. Jurnal Hukum & Pembangunan, 48(2), 361-378.

Hmelo - Silver, Cindy and Barrows, Howard S. (2006). "Goals and Strategies of a Problem Based Learning Facilitator". The Interdiciplinary Journal of Problem Based Learning Volume 1, 21-39.

Husna, F., Yunus, N. R., & Gunawan, A. (2019.). Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan. SALAM J. Sos. dan Budaya Syar-i, 6(2), 207-222.

Kemalaratih, E., & Setiawati, Y. (2019.). Gangguan Belajar pada Anak. Mimbar Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soetomo Surabaya, 23(4), 8-10.

Kusmawati, A. (2019.). Kreatifitas Membaca Pada Anak Yang Mengalami Kesulitan Belajar Melalui Pengenalan Budaya Lokal Betawi. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 12(2)), 186-203.

Lusiawati, I. (2019). Pengembangan Otak dan Optimalisasi Sumber Daya Manusia. . Jurnal TEDC, 11(2), 162-171.

Ramlah, R., & Marlina, R. (2018.). Implementasi Teknik Visual Thinking Berbasis Pengoptimalan Fungsi Otak Kanan Dalam Pencapaian Komunikasi Matematis Siswa SMP. Sigma, 2(2), 50-58.

Suwangsih, E., Putri, H. E., Widodo, S., & Ikhwanudin, T. (2018.). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak Dengan Mathematics Learning Disability di Sekolah Dasar Inklusi. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 1-18.

Uzezi, J. G., & Jonah, K. J. (2017). Effectiveness of brain-based learning strategy on students’ academic achievement, attitude, motivation and knowledge retention in electrochemistry. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 1-13.

Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020.). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. PALAPA, 8(2), 351-368.

Widiastuti, N. L. (2019.). Karakteristik Dan Model Layanan Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Widya Accarya, 10(1).

Widodo, S. A. (2015.). Membangun Kerangka Filosofis Pendidikan Yang Berbasis Pada Problem Sosial. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(2),, 307-329.

Wulandari, A., & Suyadi, S. (2019.). Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains. Tadrib, 5(1), 51-67.

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Yulita, I. N. ., & Ardiansyah, F. . (2023). PEMBERDAYAAAN AKTIVITAS OTAK UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA BANDUNG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2319–2324. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14436