THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING MOTIVATION, ACADEMIC ACHIEVEMENT, STUDENT PERCEPTIONS AND TEACHER PERFORMANCE OF HIGH SCHOOL STUDENTS

Authors

  • M. Daud Yahya UIN Antasari Banjarmasin
  • A. Idun Suwarna STIE Pasim
  • Dafid Ginting Politeknik Adiguna Maritim Indonesia Medan
  • Asri Ady Bakri Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Ramli Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Keywords:

Motivasi Belajar, Persepsi Siswa, Kinerja Guru, Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan prestasi belajar biologi dan persepsi siswa terhadap kinerja guru. Metode survei dengan teknik korelasional merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Simple random sampling digunakan sebagai metode sampel. Kuesioner dan dokumentasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis korelasi dan regresi digunakan untuk menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar berkorelasi positif. Pendapat siswa tentang kinerja guru dan keberhasilan akademik berkorelasi positif. Prestasi belajar, evaluasi siswa terhadap kinerja guru, dan motivasi belajar semuanya memiliki hubungan yang positif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketika motivasi belajar dan pendapat siswa tentang keefektifan guru meningkat, maka pencapaian pembelajaran juga akan meningkat.

References

Djamarah, S. B. (2012). Learning Achievement and Teacher Competence. Surabaya: Usaha Nasional.

Agung, J. H. B., & Djukri. (2015). Improving the Hypnoteaching Learning Model to Increase the Motivation and Learning Outcomes of Biology for SMA/MA Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 167-177.

Ramli, A., Sudadi, S., & Afendi, A. R. (2023). Evaluation implementation curriculum in productive SMK Negeri 1 Samarinda. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 1-16.

Rachmad, Y. E., Agnesiana, B., Sukmawati, E., Ramli, A., & Zebua, R. S. Y. (2023). The Analysis of Parenting Patterns in Instilling Morals of Early Childhood. Journal of Childhood Development, 3(1), 13-21.

Rizikaputra & Wulandari, F. (2017). The Relationship Between Student Motivation and Perceptions of Teacher Performance and Biology Learning Outcomes of Class X Sman 13 Pekanbaru Academic Year 2016/2017. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 97-110.

Aunur, R. A., & Karimah, S. (2018). Factors Affecting the Low Learning Motivation of Grade XI Students. Jurnal At- Taqaddum, 10(1), 95-108.

Supardi. (2014). Teacher Performance. Jakarta: Rajawali Press.

Muhibbin, S. (2017). Educational Psychology with a New Approach. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tulus, T. (2020). The Role of Discipline on Student Behavior and Achievement. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Yahya, M. D. ., Suwarna, A. I. ., Ginting, D. ., Bakri, A. A. ., & Ramli, A. . (2023). THE RELATIONSHIP BETWEEN LEARNING MOTIVATION, ACADEMIC ACHIEVEMENT, STUDENT PERCEPTIONS AND TEACHER PERFORMANCE OF HIGH SCHOOL STUDENTS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2314–2318. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/14434