LEARNING STRATEGIES FOR THE MERDEKA BELAJAR CURRICULUM IN THE ERA OF SOCIETY 5.0 FOR OUT-OF-SCHOOL EDUCATION STUDENTS OF GORONTALO STATE UNIVERSITY

Authors

  • Misran Rahman Universitas Negeri Gorontalo
  • Rukun Santoso Universitas Islam Jakarta
  • Nurhayati Nurhayati Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
  • Runi Fazalani Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Afif Alfiyanto Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14389

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Kurikulum Merdeka Belajar, Era Society 5.0

Abstract

Kegiatan ini tujuan utamanya adalah mensosialisasikan serta menambah wawasan terkait strategi pembelajaran kurikulum merdeka belajar di era society 5.0. Pokok permasalahannya adalah terkait bagaimana strategi sekolah tinggi melaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka belajar di era society 5.0. Mengingat seiring berjalannya waktu, pimpinan, dosen dan mahasiswa banyak yang belum memahami tentang kurikulum merdeka belajar. Beranjak dari permasalahan tersebut maka tim pengabdian melakukan pengenalan dan sosialisasi kepada pimpinan, dosen, dan mahasiswa di Prodi Pendidikan Luar Sekolah Universitas Gorontalo. Metode yang dilakukan dalam pengabdian masyarakat ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diketahui bahwa para peserta baik pimpinan, dosen dan mahasiswa mendapat manfaat dari pelatihan dengan narasumber yang sesuai dengan kepakarannya. Antusiasme cukup baik terlihat dengan diskusi antara tim pengabdian dan peserta sehingga membuka wawasan dan pengaruh positif dalam pelaksanaan strategi pembelajaran kurikulum merdeka belajar dalam menghadapi era globalisasi.

References

Agama, M. (2020). PANDUAN IMPLEMENTASI MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA DALAM KURIKULUM PROGRAM STUDI PADA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM. DIREKTORAT PENDIDIDIKAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA.

Farid, A. (2022). KURIKULUM MERDEKA TERBUKA DIGUNAKAN OLEH SELURUH SATUAN PENDIDIKAN. Mtsn1temanggung.Sch.Id. https://mtsn1temanggung.sch.id/kurikulum-merdeka-terbuka-digunakan-oleh-seluruh-satuan-pendidikan/

Ilham, I. (2020). PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH: Suatu Kajian Permasalahan dan Solusi Pendidikan Madrasah dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 103–124. https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i2.516

Junaidi, A. (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kholik, E. N. (2021). Persiapan Pendidikan Menghadapi Era Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen ….

Kriya, T. K. P. S. (2021). DOKUMEN KURIKULUM OUTCOME-BASED EDUCATION (OBE) PROGRAM STUDI KRIYA, JURUSAN KRIYA. Fakultas Seni Rupa Institut Seni Indonesia.

Kurniawan, T. (2018). FILSAFAT PENDIDIKAN DEMOKRATIS-DELIBERATIF: Dari Jürgen Habermas untuk Pendidikan Indonesia. Literasi Nusantara.

Magenta, T. (2019). PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/47955/1/TUNJUNG MAGENTA-FITKpdf

Muhammedi. (2016). Perubahan kurikulum di indonesia?: studi kritis tentang upaya menemukan kurikulum pendidikan islam yang ideal. Raudhah.

Mulawarman, U. (2020). Panduan Implementasi Kurikulum Kampus Merdeka-Merdeka Belajar Berbasis Tropical Studies. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Mulawarman.

Sakti, B. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Ppg.Kemdikbud.Go.Id. https://ppg.kemdikbud.go.id/news/implementasi-kurikulum-merdeka-di-era-society-5-0

Samarinda, P. K. U. (2021). STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA BELAJAR – KAMPUS MERDEKA. PROGRAM STUDI KOMUNIKASI DAN PENYIARAN ISLAM FAKULTAS USHULUDDIN, ADAB DAN DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN AJI MUHAMMAD IDRIS SAMARINDA.

Sudirman, H. S. (2019). Strategi Implementasi Kurikulum: Suatu Kajian Perspektif Teori Di Sekolah Dasar. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 936–951. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.428

Wahyuni, S. (2021). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.12696

Downloads

Published

2023-06-29

How to Cite

Rahman, M. ., Santoso, R. ., Nurhayati, N., Fazalani, R. ., & Alfiyanto, A. . (2023). LEARNING STRATEGIES FOR THE MERDEKA BELAJAR CURRICULUM IN THE ERA OF SOCIETY 5.0 FOR OUT-OF-SCHOOL EDUCATION STUDENTS OF GORONTALO STATE UNIVERSITY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5475–5478. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14389