PARENTING UNTUK MENJADI KELUARGA TANGGUH DI ERA DIGITAL

Authors

  • Husnul Khotimah Rustam Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Hamdiyah Hamdiyah Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Dewi Lidiawati Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Wasliathy Sirajuddin Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Rosmawaty Rosmawaty Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14305

Keywords:

Komunikasi, Pola Asuh, Keluarga Harmonis, Era Digital

Abstract

Orang tua di era digital saat ini memiliki banyak tantangan dan merasakan kesulitan dalam mendidik anak-anak mereka. Hal ini memicu kebingungan dan mengancam keharmonisan keluarga jika tidak ditangani dengan baik. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk memberikan edukasi terkait parenting atau pola pengasuhan yang tepat untuk generasi milineal saat ini. Kami memberikan intervensi berupa edukasi, ceramah, dan diskusi dengan peserta. Adapun pesertanya adalah orang tua dan anak dari TK PGRI 1 Pangkejene dengan melibatkan 20 orang tua dan anak PAUD. Temuan yang didapatkan bahwa ada dua orang ibu yang merasa gagal, kurang motivasi, stres dan kurang bergairah menjalani kehidupannya saat ini dan sisanya tidak mengalami situasi yang cukup sulit. Sebagian besar peserta mampu berkomunikasi dengan anaknya dan memahami keinginan anak. Orang tua yang memiliki bekal parenting dengan memahami kejiwaan anak akan lebih dekat, lebih harmonis dan lebih lekat dengan anak. Hal ini dapat menjadi motivasi dan semangat untuk mampu bertahan dan lebih harmonis di era digital seperti saat ini.  

References

Choiriyah, D. W. (2016). Depresi Pada Ibu dan Pengaruhnya dalam Perilaku Pengasuhan. Jurnal Proyeksi, 11(1), 65–76.

Drogomyretska, K., Fox, R., & Colbert, D. (2020). Brief Report: Stress and Perceived Social Support in Parents of Children with ASD. Journal of Autism and Developmental Disorders, 50(11), 4176–4182. https://doi.org/10.1007/s10803-020-04455-x

Fiqqi Anggun Lestari, L. I. M. (2015). RESILIENSI IBU YANG MEMILIKI ANAK DOWN SYNDROME DI SIDOARJO Fiqqi Anggun Lestari, Lely Ika Mariyati Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Psikologia, 3 No. 1(1), 141–155.

Gorostiaga, A., Aliri, J., Balluerka, N., & Lameirinhas, J. (2019). Parenting styles and internalizing symptoms in adolescence: a systematic literature review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(17). https://doi.org/10.3390/ijerph16173192

Henretta, J. C., Grundy, E., & Harris, S. (2002). The influence of socio-economic and health differences on parents’ provision of help to adult children: A British-United States comparison. Ageing and Society, 22(4), 441–458. https://doi.org/10.1017/S0144686X02008735

Ismoilov, S. (2021). Developing Healthy Thinking in Students as a Pedagogical Problem. Zien Journal of Social Sciences and Humanities, 3, 91–93. http://www.ejlss.indexedresearch.org/index.php/ejlss/article/download/371/391

Johnson, D., Dupuis, G., Piche, J., Clayborne, Z., & Colman, I. (2018). Adult mental health outcomes of adolescent depression: A systematic review. Depression and Anxiety, 35(8), 700–716. https://doi.org/10.1002/da.22777

Joseph, M. V., & John, J. (2008). Impact of Parenting Styles on Child Development. Global Academic Society Journal: Social Science Insight, 1(5), 16–25.

Merz, E. M., & Consedine, N. S. (2009). The association of family support and wellbeing in later life depends on adult attachment style. Attachment and Human Development, 11(2), 203–221. https://doi.org/10.1080/14616730802625185

Novianti, R. (2018). Orang tua sebagai pemeran utama dalam menumbuhkan resiliensi anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33. https://educhild.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPSBE/article/viewFile/5101/4780

Sahithya, B. R., Manohari, S. M., & Vijaya, R. (2019). Parenting styles and its impact on children–a cross cultural review with a focus on India. Mental Health, Religion and Culture, 22(4), 357–383. https://doi.org/10.1080/13674676.2019.1594178

Saripudin, A. (2019). Analisis Tumbuh Kembang Anak Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender Dan Anak, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/equalita.v1i1.5161

Saskara, I. P. A., & Ulio. (2020). Peran Komunikasi Keluarga dalam Mengatasi Toxic Parents bagi Kesehatan Mental Anak. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Usia Dini, 5(2), 125–134. https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/article/view/1820/1493

Umberson, D., & Thomeer, M. B. (2020). Family Matters: Research on Family Ties and Health, 2010 to 2020. Journal of Marriage and Family, 82(1), 404–419. https://doi.org/10.1111/jomf.12640

Wiranata, I. G. (2020). Penerapan Positive Parenting Dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Kepada Anak Usia Dini. Pratama Widya?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 82–88. https://www.ejournal.ihdn.ac.id/index.php/PW/issue/archive

Downloads

Published

2023-05-08

How to Cite

Khotimah Rustam, H., Hamdiyah, H., Lidiawati, D., Sirajuddin, W., & Rosmawaty, R. (2023). PARENTING UNTUK MENJADI KELUARGA TANGGUH DI ERA DIGITAL . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 2404–2409. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14305