IbM PELATIHAN PEMBUATAN MASKER KEPADA IBU IBU PKK DI KELURAHAN LIMBUNG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

Authors

  • Nurgahayu Nurgahayu Universitas Muslim Indonesia
  • Sartika Sartika Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1416

Keywords:

Pelatihan, masker, pernafasan

Abstract

Proses penularan penyakit menular saat ini semakin meningkat terutama penyakit menular melalui pernafasan. Jenis penyakit menular yang dapat ditularkan melalui udara dan pernafasan sangat banyak, salah satunya yang sedang dilanda oleh dunia saat ini adalah virus corona atau COVID-19. Meskipun belum ada data pasti kasus kejadian di Sulawesi Selatan, terutama di Kabupaten Gowa namun melihat proses penyebaran penyakit yang begitu cepat sehingga sangat diperlukan tindakan promotif dan preventif berupa pemberian edukasi terkait pencegahan penularan penyakit dan memberikan pelatihan pembuatan masker kepada ibu-ibu di Kelurahan Limbung Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa. Tujuan pengabdian ini meningkatkan pengetahuan ibu mengenai cara pembuatan masker yang sesuai untuk mencegah penularan penyakit dan meningkatkan pengetahuan ibu dalam upaya melakukan pencegahan penyakit menular melalui pernafasan. Pentingnya menumbuhkan minat ibu dalam upaya pencegahan penyakit dengan membuat masker sendiri yang sesuai standar yang dapat digunakan oleh semua anggota keluarga. Berdasarkan persentasi hasil ditemukan adanya peningkatan pengetahuan dan Terdapat peningkatan keterampilan membuat masker yang sesuai dengan standar kesehatan ibu-ibu PKK mengenai cara mencegah penularan penyakit melalui pernafasan. Pentingnya selalu melibatkan ibu-ibu dalam kegiatan pemberian edukasi dan pelatihan untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pencegahan penyakit melalui pernafasan terutama di saat Covid-19 saat ini Kata Kunci: Pelatihan, masker, pernafasan

Author Biographies

Nurgahayu Nurgahayu, Universitas Muslim Indonesia

Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat

Sartika Sartika, Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat

Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat

References

Kemenkes,2020. Dashboard Data Kasus Covid-19 di Indonesia. www.kemenkes.co.id

Kompas,2020. Ini jenis Bahan Yang direkomendasikan Untuk Membuat Masker Kain. www.kompas.com

Nurfitriyana Dewi, 2020. 3 Standar SNI terkait masker kain yang tepat.www.gooddoctor.co.id (diakses tanggal 1 Juni 2020)

Rafiqua Nurul, 2020. Wajib pakai masker saat keluar rumah, begini cara membuat masker kain yang efektif. www.sehatq.com (diakses tanggal 2 April 2020)

RH Lubis,2020. Penyakit corona ini jadi duri dalam perekonomian Indonesia

Susilo Adityo, 2020. Penyakit Coronavirus 2019, Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, www.jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id (diakses tanggal 2 Mei 2020)

Downloads

Published

2021-02-21

How to Cite

Nurgahayu, N., & Sartika, S. (2021). IbM PELATIHAN PEMBUATAN MASKER KEPADA IBU IBU PKK DI KELURAHAN LIMBUNG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1416