PELATIHAN MITIGASI BENCANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KALEBAJENG KELURAHAN KALEBAJENG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA

Authors

  • Ayu Puspitasari Universitas Muslim Indonesia
  • Harpiana Rahman Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1410

Keywords:

Covid-19, Mitigation, Disaster

Abstract

Darurat wabah virus Corona sedang dihadapi dunia saat ini. WHO (World Health Organization) pun telah mengubah statusnya dari Public Health of International Concern menjadi Pandemi. Dengan ditetapkannya status tersebut dunia pun responsif dengan upaya pencegahan dan penanggulangan tidak terkecuali di Indonesia. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman tentang mitigasi bencana pandemi Covid-19. Langkah-langkah dalam penanganan wabah perlu diketahui secara luas oleh masyarakat agar dapat mengambil langkah preventif dalam menghadapi wabah covid-19. Pelatihan mitigasi bencana pandemic Covid-19 dimulai dari langkah-langkah Pencegahan dan pengendalian Inveksi, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk Isolasi di Rumah (Perawatan di Rumah), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk Observasi, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi untuk Pemulangan Jenazah. Berdasarkan hasil pre dan post test pada 52 orang yang terdiri dari 10 pertanyaan quesioner, terdapat peningkatan pengetahuan mengenai mitigasi bencana covid-19. Berdasarkan persentasi hasil yang dicapai, diketahui bahwa terdapat peningkatan pengetahuan masyarakat sebesar 36,2% setelah mengikuti pelatihan ini. Pentingnya sosialisasi dari pemerintah setempat mengenai mitigasi bencana covid secara berkelanjutan selama pandemi berlangsung.

Author Biographies

Ayu Puspitasari, Universitas Muslim Indonesia

Public Health

Harpiana Rahman, Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muslim Indonesia

References

Central Board of Secondary Education. (2006). Natural Hazard dan Disaster Management. Delhi: The Secretary Central Board of Secondary Education.

Etri, Y., Nova, F., Harmawati. (2020). Mencegah Penularan Virus Corona. Jurnal Abdimas Saintika, 2 (1), 33-39.

Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.

Worldmeters. (March, 2020). Covid-19 Coronavirus Pandemic. Diunduh dari https://www.worldometers.info/coronavirus/ tanggal 10 Maret 2020.

Downloads

Published

2021-02-20

How to Cite

Puspitasari, A., & Rahman, H. (2021). PELATIHAN MITIGASI BENCANA DALAM MENGHADAPI PANDEMI COVID-19 DI DUSUN KALEBAJENG KELURAHAN KALEBAJENG KECAMATAN BAJENG KABUPATEN GOWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 32–36. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i1.1410