PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET DAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR TERANGGANA KASEMEN SERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14083Keywords:
Teknologi Informasi, Media Interaktif, Internet, Pembelajaran Jarak JauhAbstract
Pandemi Covid-19 selain berdampak negatif, juga berdampak positif dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah memicu percepatan transformasi digital pendidikan di Indonesia sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan metode pembelajaran jarak jauh. Dampak lainnya adalah berkembangnya aplikasi belajar online sebagai penghubung antara guru dengan siswa melalui internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Permasalahannya adalah sebagian besar siswa belum memiliki pengetahuan yang memadai dan Gawai yang dimiliki untuk pembelajaran daring. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah peningkatan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi berbasis internet secara efektif dan media interaktif apa saja yang bisa dimanfaatkan selama pembelajaran daring bagi siswa-siswa sekolah dasar Teranggana. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah berupa ceramah secara online dan offline, pelatihan dan tanya jawab tentang pemanfaatan secara efektif.References
Ariati, N., & Syauqi, A. (2021). Pemanfaatan Media Online Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Masa Pademi Bagi Siswa Smp Negeri 4 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2), 83–89. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1826%0Ahttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/download/1826/1421
Dewanti, P., Saridewi, D. P., & ... (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Digital pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Panti Asuhan Dharma Laksana. Ikra-Ith …, 4(3), 145–153. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/1541/1442
Hayati, R., & Sari, D. N. (2022). Pkm pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran daring untuk anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 382–384.
Irdhayanti, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jumat Ekonomi: Jurnal …, 2(2), 100–105. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1897%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/download/1897/737
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).
Kusuma, J. W. (2020, October). Analysis of student learning styles and geometry thinking skills: During the covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.
Munandar, T. A., & Hadi, T. S. (2021). Program Pendampingan Implementasi E-Learning System Untuk Peningkatan Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD IT Al Muhajirin Kota Cilegon. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 2081–2091. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/994/999
Ningsih, S. R., & Suryani, A. I. (2021). PKM Panti Asuhan Darul Ma’arif Alkarimiyah Padang Untuk Pemanfaatan Internet Secara Efektif Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.30
Pratiwi, M. P., Wulandari, F. T., & Anjani, R. (2022). Pelatihan Komputer Dasar Dan Pemanfaatan Internet Bagi Siswa. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 554–557.
Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna dan Menarik sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647
Setyoningsih. (2015). E Learning?: Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58.
Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338-1349.
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jaka Wijaya Kusuma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.