PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET DAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR TERANGGANA KASEMEN SERANG

Authors

  • Jaka Wijaya Kusuma Universitas Bina Bangsa
  • Furtasan Ali Yusuf Universitas Bina Bangsa
  • Sri Sukmawati Universitas Bina Bangsa
  • Tia Fitria Saumi Universitas Bina Bangsa
  • Diana Romdhoningsih Universitas Bina Bangsa
  • Mahpudoh Mahpudoh Universitas Bina Bangsa
  • Irma Nurmala Dewi Universitas Bina Bangsa
  • Hamidah Hamidah Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14083

Keywords:

Teknologi Informasi, Media Interaktif, Internet, Pembelajaran Jarak Jauh

Abstract

Pandemi Covid-19 selain berdampak negatif, juga berdampak positif dalam dunia pendidikan. Salah satunya adalah memicu percepatan transformasi digital pendidikan di Indonesia sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara daring (dalam jaringan) dengan metode pembelajaran jarak jauh. Dampak lainnya adalah berkembangnya aplikasi belajar online sebagai penghubung antara guru dengan siswa melalui internet yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Permasalahannya adalah sebagian besar siswa belum memiliki pengetahuan yang memadai dan Gawai yang dimiliki untuk pembelajaran daring. Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini adalah peningkatan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi berbasis internet secara efektif dan media interaktif apa saja yang bisa dimanfaatkan selama pembelajaran daring bagi siswa-siswa sekolah dasar Teranggana. Metode yang digunakan dalam PKM ini adalah berupa ceramah secara online dan offline, pelatihan dan tanya jawab tentang pemanfaatan secara efektif.

References

Ariati, N., & Syauqi, A. (2021). Pemanfaatan Media Online Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Masa Pademi Bagi Siswa Smp Negeri 4 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 5(2), 83–89. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/view/1826%0Ahttp://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PGM/article/download/1826/1421

Dewanti, P., Saridewi, D. P., & ... (2021). Pemanfaatan Pembelajaran Digital pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Panti Asuhan Dharma Laksana. Ikra-Ith …, 4(3), 145–153. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/1541/1442

Hayati, R., & Sari, D. N. (2022). Pkm pemanfaatan teknologi informasi pada proses pembelajaran daring untuk anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2022, 382–384.

Irdhayanti, E. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Memaksimalkan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jumat Ekonomi: Jurnal …, 2(2), 100–105. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1897%0Ahttps://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/download/1897/737

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan hasil belajar matematika dengan penggunaan platform Whatsapp Group dan webinar Zoom dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Kusuma, J. W. (2020, October). Analysis of student learning styles and geometry thinking skills: During the covid-19 pandemic. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1657, No. 1, p. 012036). IOP Publishing.

Munandar, T. A., & Hadi, T. S. (2021). Program Pendampingan Implementasi E-Learning System Untuk Peningkatan Pembelajaran Daring Era Pandemi Covid-19 Bagi Guru SD IT Al Muhajirin Kota Cilegon. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 2081–2091. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/viewFile/994/999

Ningsih, S. R., & Suryani, A. I. (2021). PKM Panti Asuhan Darul Ma’arif Alkarimiyah Padang Untuk Pemanfaatan Internet Secara Efektif Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1), 29–38. https://doi.org/10.23960/jpkmt.v2i1.30

Pratiwi, M. P., Wulandari, F. T., & Anjani, R. (2022). Pelatihan Komputer Dasar Dan Pemanfaatan Internet Bagi Siswa. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6, 554–557.

Sadikin, I. S., Lestari, S., & Aini, S. (2020). Pembelajaran Daring Interaktif, Bermakna dan Menarik sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 897–905. https://doi.org/10.30653/002.202054.647

Setyoningsih. (2015). E Learning?: Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi. Elementary, 3(1), 39–58.

Surani, D., Kusuma, J. W., & Kusumawati, N. (2020). Platform Online Dalam Perkuliahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1338-1349.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530

Downloads

Published

2021-11-29 — Updated on 2023-04-15

How to Cite

Kusuma, J. W. ., Yusuf, F. A. ., Sukmawati, S. ., Saumi, T. F. ., Romdhoningsih, D. ., Mahpudoh, M., Dewi, I. N. ., & Hamidah, H. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI BERBASIS INTERNET DAN MEDIA INTERAKTIF DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SEKOLAH DASAR TERANGGANA KASEMEN SERANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1277–1281. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14083