PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS DIGITAL DAN SCIENTIFC WRITING BAGI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.14009Keywords:
Pelatihan, Karya Ilmiah, GuruAbstract
Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu cara untuk meningkatkan profesionalisme guru. Kenyataan di lapangan guru masih mengalami kesulitan dalam membuat karya ilmiah. Hal ini sebagaimana yang dialami oleh guru fisika yang tergabung dalam wadah profesionalisme guru mata pelajaran yaitu Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kabupaten Aceh Utara. Guru fisika masih terkendala dalam kenaikan pangkatnya dikarenakan belum mampu menghasilkan karya ilmiah berupa artikel. Hal disebabkan karena belum adanya pelatihan khusus untuk mendukung penulisan karya ilmiah berbasis digital, pengetahuan anggota kelompok guru (MGMP) masih kurang dalam penulisan karya ilmiah, kurangnya penguasaan teknologi informasi dalam mensubmit artikel ilmiah secara online, dan keterbatasan pemahaman guru dalam menulis karya ilmah berbasis scientific writing. Adapun solusi dalam permasalahan ini adalah dengan melakukan program pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah kepada guru Fisika dengan memberikan penyuluhan tentang bagaimana publikasi karya ilmiah bagi jenjang kepangkatan guru, memberikan pelatihan dan pendampingan teknik penulisan karya ilmiah berbasis digital dan scientific writing. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa 80% guru telah mampu menghasilkan artikel ilmiah yang dipubilkasikan pada jurnal nasional dan berdasarkan hasil respon guru pelaksanaan kegiatan ini sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman guru menulis karya ilmiah dan berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan agar para guru tidak ada lagi kendala dalam meningkatkan profesionalismenya.References
Istarani. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Media Persada.
Mia, A., H, B., SB, R., H, A., & Sadikin, A. (2015). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Guru Sma 8 Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(3), 29–32.
Permenpan dan Reformasi Birokrasi. (2009). Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jakarta: Badan Kepegawaian Negara.
Sugiyarti, S., Fitriani, N., & Vebrian, R. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 1–5.
Suhardjono. (2009). Pertanyaan dan Jawaban Disekitar Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Widagdo, A. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah. Abdimas Unwahas, 3(3), 25–29.
Yulhendri, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Ekonomi Di Kabupaten
Pasaman Barat. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi. 8(1), 56-59.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Safriana Safriana, Ade Irfan, Zahratul Fitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.